<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah, melihat pengasuhan yang dilakukan oleh\r\nlembaga yang masih kurang memenuhi standar pengasuhan yang telah di tetapkan oleh\r\npemerintah yang mana hak-hak yang diperoleh anak masih terbilang kurang terpenuhi secara\r\nsosialnya. Fakta riil telah ditunjukkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Save The\r\nChildren yang mengangkat kasus permasalahn mengenai panti asuhan di Indonesia. Dan\r\nkenyataanya, kebanyakan panti asuhan tidak memberikan ''pengasuhan'' sama sekali,\r\nmelainkan hanya menyediakan akses pendidikan. Hampir semua fokus ditujukan untuk\r\nmemenuhi kebutuhan kolektif seperti kebutuhan materi sehari-hari sementara kebutuhan\r\nemosional dan sosial anak belum dipenuhi. Oleh karena permasalahan diatas peneliti ingin\r\nmeneliti bagaimana bentuk pengasuhan yang dilakukan oleh PSAA Yogyakarta Unit “Budhi\r\nBhakti” salah satunya yaitu mengenai perkembangan keterampilan sosial pada anak asuh\r\nmelalui bimbingan sosial individu yang ada di dalam panti tersebut.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang termasuk penelitian\r\nlapangan (grounded research). Alat ukur pengumpulan data yang digunakan adalah,\r\nobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan subyek dilakukan dengan\r\nmembedakannya menjadi dua sumber informasi yaitu sumber formal dan informal. Sumber\r\nformal dipilih secara purposive atau acak meliputi pengurus panti, staf-staf, pengasuh asrama\r\nsedangkan sumber informal meliputi anak asuh dipilih dengan menggunakan metode\r\nsnowball sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pemahaman\r\nketerampilan sosial melalui bimbingan sosial pada anak asuh di PSAA Yogyakarta unit\r\n“Budhi Bhakti” Wonosari Gunung Kidul.\r\nProses bimbingan sosial dilakukan secara klasikal dan temporer. Secara klasikal yakni\r\ndengan bimbingan etika dan moral, bimbingan mental kedisiplinan, dan bimbingan sosial\r\nkeagamaan. Sedangkan secara temporer yakni dengan melaksanakan Standar Operasional\r\nProsedur (SOP) yang telah dibuat oleh para pekerja sosial panti. Acuan tersebut bukan seperti\r\ntata tertib yang umumnya bersifat melarang, melainkan berisikan tentang kewajiban dan\r\ntanggung jawab apa yang seharusnya dilakukan pada anak yang tinggal di panti asuhan.\r\nHasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei dan berakhir pada tanggal 21\r\nAgustus 2014 menunjukkan bahwa melalui program bimbingan sosial individu yang\r\ndiselenggarakan oleh pihak panti yang dibantu oleh petugas panti dan pekerja sosial,\r\nketerampilan sosial anak asuh mengalami perkembangan yang signifikan. Hampir 95% dari\r\n52 anak asuh di dalam panti telah merubah perilaku sosialnya, mulai dari interaksi sosial,\r\nberadaptasi di lingkungan panti, hingga menciptakan hubungan yang harmonis sesama\r\npenghuni panti.\r\nKesimpulan dari penelitian yang dilakukan, bimbingan sosial dengan metode\r\ntemporer lebih memberikan hasil yang relevan karena anak dibantu dan diajarkan setiap\r\nharinya agar mampu menerapkan keterampilan sosialnya di dalam panti dengan\r\nmelaksanakan SOP yang telah dibuat oleh pekerja sosial. Hal ini dianggap lebih efisien selain\r\nkarena anak akan lebih mengingat dan memahami perilaku normatif dengan\r\nmempraktekkannya secara langsung, adanya reward dan punishment dapat memotivasi anak\r\nuntuk mentaati dan menjalankan sesuai aturan yang berlaku.\r\nKata Kunci : Keterampilan sosial, Bimbingan Sosial, dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul"^^ . "2014-11-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10250003 "^^ . "WIKAN SURAJAYA"^^ . "NIM. 10250003 WIKAN SURAJAYA"^^ . . . . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Text)"^^ . . . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15200 \n\nPROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN SOSIAL INDIVIDU PADA ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT “ BUDHI BHAKTI” WONOSARI GUNUNG KIDUL\n\n" . "text/html" . . . "Kesejahteraan Sosial"@en . .