@mastersthesis{digilib15292, month = {January}, title = {PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER TERHADAP SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI KASUS GURU PAI SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI DAN SMK NASIONAL BANTUL) }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 1220411228 MOHAMMAD AHYAN YUSUF SYA?BANI }, year = {2015}, note = {Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15292/}, abstract = {Mohammad Ahyan Yususf Sya?bani, S.Pd.I., Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter terhadap Siswa Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Guru PAI SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Nasional Bantul), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai karakter kepada siswanya memiliki fungsi transfer of value. Dengan demikian suatu kesalahan yang terjadi pada siswa dapat dicegah dan diminimalisir dengan peran aktif guru secara optimal. Untuk itulah fokus penelitian ini untuk mengetahui bentuk peranan dan cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter terhadap siswa di SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Nasional Bantul. Alasan memilih dua sekolah tersebut karena SMK Muhammadiyah Imogiri berada di bawah organisasi Muhammadiyah yang berbasis keagamaan sedangkan SMK Nasional bantul di bawah Yayasan Veteran Dua Januari yang berbasis umum dan siswa kedua sekolah juga pernah terlibat aksi tawuran pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Nasional Bantul dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Adapun untuk mengetahui keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber data dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini adalah (1) peranan guru PAI SMK Muhammadiyah Imogiri sebagai pengajar, pendidik, korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, evaluator, da?i, konsultan dan pemimpin informal (dengan kekurangan yaitu beberapa guru tidak berperan sebagai demonstrator, belum memiliki program kegiatan pengamalan agama; belum membuat prota dan prosem) sedangkan peranan guru PAI SMK Nasional Bantul sebagai pengajar, pendidik, korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, evaluator, da?i, konsultan dan pemimpin informal (dengan kekurangan yaitu belum memiliki program kegiatan pengamalan keagamaan); (2) cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam penanaman nilai-nilai karakter di SMK Muhammadiyah Imogiri lebih berorientasi pada aspek keagamaan terutama nilai karakter religius sedangkan cara yang dilakukan oleh guru PAI dalam penanaman nilai-nilai karakter di SMK Nasional Bantul menunjukkan telah dilakukan usaha menanamkan setiap nilai karakter terhadap siswa. } }