relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15293/ title: PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO creator: EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I. , NIM. 1220420014 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: EKA MAHARGIANI ROKHMA. “Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajran Sains Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Bego”. Tesis, Yogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh pendekatan CTL dalam pembelajaran sains terhadap motivasi belajar siswa kelas V; 2). Mengetahui pengaruh pendekatan CTL dalam belajar sains terhadap prestasi belajar siswa, dan 3). Membandingkan keefektifan antara pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional dilihat dari aspek motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan desain pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian dua kelas yaitu siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan sempel penelitian dua kelas yaitu Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes yaitu angket motivasi belajar dan instrumen tes yaitu instrumen prestasi belajar sains, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test dan untuk mengetahui perbandingan keefektifan pendekatan CTL dan konvensional data analisis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pembelajaran sains dengan pendekatan CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan perolehan t hitung sebesar 9,591, lebih besar dari t tabel 2,056, 2). Pembelajaran sains dengan pendekatan CTL juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan perolehan t hitung sebesar 7,832 dan 3). Pendekatan CTL lebih efektif dibanding pendekatan konvensional dilihat dari aspek motivasi belajar mapun prestasi belajar siswa, dengan perolehan t hitung sebesar 4,141 dengan perbedaan rata-rata sebesar 5,852 untuk aspek motivasi belajar siswa, dan t hitung sebesar 2,670 dan perbedaan rata-rata sebesar 5,926 untuk aspek prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran sangan disarankan, karena pendekatan ini terbukti mampu membangkitkan kelesuan siswa terhadap pembelajaran sains sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. date: 2015-01-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15293/1/1.%20TESIS%20EKA%20MAHARGIANI%20ROKHMA%2C%20S.Pd.I%20-%20PRA%20BAB%20-%20BAB%20I%20-%20BAB%20V%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA%20-%20LAMPIRAN.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15293/2/2.%20TESIS%20EKA%20MAHARGIANI%20ROKHMA%2C%20S.Pd.I%20-%20BAB%20II%20-%20BAB%20III%20-%20BAB%20IV.pdf identifier: EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I. , NIM. 1220420014 (2015) PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.