<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n"^^ . "EKA MAHARGIANI ROKHMA. “Pengaruh Pendekatan CTL\r\n(Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajran Sains Terhadap\r\nMotivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Bego”. Tesis,\r\nYogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta, 2014\r\nPenelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh pendekatan CTL\r\ndalam pembelajaran sains terhadap motivasi belajar siswa kelas V; 2). Mengetahui\r\npengaruh pendekatan CTL dalam belajar sains terhadap prestasi belajar siswa,\r\ndan 3). Membandingkan keefektifan antara pendekatan CTL dengan pendekatan\r\nkonvensional dilihat dari aspek motivasi dan prestasi belajar siswa.\r\nPenelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental\r\nresearch) dengan desain pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian dua\r\nkelas yaitu siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan sempel penelitian dua kelas\r\nyaitu Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang\r\ndigunakan adalah instrumen non tes yaitu angket motivasi belajar dan instrumen\r\ntes yaitu instrumen prestasi belajar sains, untuk mengetahui pengaruh\r\npembelajaran dengan pendekatan CTL terhadap motivasi belajar dan prestasi\r\nbelajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test dan untuk\r\nmengetahui perbandingan keefektifan pendekatan CTL dan konvensional data\r\nanalisis dengan menggunakan independent sample t-test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pembelajaran sains dengan\r\npendekatan CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa\r\nkelas V MI Ma’arif Bego dengan perolehan t hitung sebesar 9,591, lebih besar\r\ndari t tabel 2,056, 2). Pembelajaran sains dengan pendekatan CTL juga\r\nberpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan\r\nperolehan t hitung sebesar 7,832 dan 3). Pendekatan CTL lebih efektif dibanding\r\npendekatan konvensional dilihat dari aspek motivasi belajar mapun prestasi\r\nbelajar siswa, dengan perolehan t hitung sebesar 4,141 dengan perbedaan rata-rata\r\nsebesar 5,852 untuk aspek motivasi belajar siswa, dan t hitung sebesar 2,670 dan\r\nperbedaan rata-rata sebesar 5,926 untuk aspek prestasi belajar.\r\nBerdasarkan hasil penelitian, maka penerapan pendekatan CTL dalam\r\npembelajaran sangan disarankan, karena pendekatan ini terbukti mampu\r\nmembangkitkan kelesuan siswa terhadap pembelajaran sains sehingga tujuan\r\npembelajaran dapat dicapai secara maksimal.\r\n"^^ . "2015-01-26" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1220420014"^^ . "EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I. "^^ . "NIM. 1220420014 EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I. "^^ . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Text)"^^ . . . "1. TESIS EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I - PRA BAB - BAB I - BAB V - DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Text)"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP\r\nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI\r\nMA’ARIF BEGO\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15293 \n\nPENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND \nLEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP \nMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI \nMA’ARIF BEGO \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .