eprintid: 1532 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/15/32 datestamp: 2012-06-25 10:07:38 lastmod: 2016-12-29 02:27:51 status_changed: 2012-05-04 16:41:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELIN LINDAWATI - NIM. 03220057, title: PERMAINAN DAN KEMAMPUAN KOGNISI ANAK (STUDI KASUS TERHADAP DUA MURID TK MARDISIWI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Permainan, Koqnisi note: Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag., M.Si., abstract: ABSTRAK Anak usia dini adalah anak berumur 0-6 tahun (ini patokan di Indonesia, secara Internasional usia 0-8 tahun). Pada usia ini otak anak sedang berkembang dengan pesatnya sebesar 50%. Perkembangan 80% pada saat anak berumur 8 tahun, dari perkembangan sempurna (100%) adalah pada saat umur 18 tahun. Jadi porsi perkembangan yang paling pesat adalah periode usia dini sehingga sangat diperlukan rangsangan yang banyak dan juga tepat. Anak usia dini yang dimaksud dalam penelitian ini adalah anak yang berumur 4-6 tahun, adapun penelitian ini peneliti mengambil dua orang murid dikarenakan dua murid ini yang menonjol dari kecerdasanya prilaku cara bermain kedua murid tersebut yang berlokasi di TK Mardisiwi Yogyakarta. Anak dan permainan merupakan dua pengertian yang hampir tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Oleh karena itu permainan merupakan rangsangan yang tepat bagi anak-anak. Melalui permainan memungkinkan anak-anak pengembangkan kompetensi dan ketrampilan yang diperlukannya dengan cara yang menyenangkan. Dan permainan merupakan setting yang sempurna bagi latihan struktur-struktur kognisi anak. Dan struktur kognisi anak perlu dilatih. Melalui orang tua atau guru yang mempunyai peranan yang penting bagi perkembangan potensi anak khususnya pada aspek kognisinya. Dan salah satu peran atau kewajiban orang tua adalah memenuhi hak anak. Hak anak dalam hal ini adalah hak bermain dalam rangka perkembangan potensi diri. Dan orang tua atau guru juga sebagai pemegang kendali dan menjadi pengarah bagi anak dalam bermain. Menurut Al-Ghazali, permainan harus memenuhi dua syarat pertama, harus dengan cara yang sopan dan baik sesuai dengan norma kesusilaan masyarakat, sesuai pula dengan nilai keagamaan. Kedua, alat permainannya harus disesuaikan dengan perkembangan usia anak, sehingga dapat mengembangkan daya imajinasi, fantasi, dan kreasi anak. Atas dasar kondisi itu maka bermain sambil belajar merupakan prinsip induk (utama) dalam mengembangkan seluruh potensi anak usia dini melalui simulasi pendidikan. Bermain sambil belajar bukanlah bermain liar atau bermain sesaat. Bermain sambil belajar merupakan suatu kondisi aktifitas yang dirancang secara terprogram dan mengandung esensi tujuan yang jelas. Melihat fenomena tersebut di atas penulis tertarik untuk meneliti tentang pengaruh permainan terhadap kemampuan kognisi anak di TK Mardisiwi Yogyakarta. date: 2008-08-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-08-05 12:53:38 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--elinlindaw-1164-1-elinlin-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/24/digilib-uinsuka--elinlindaw-1164-1-elinlin-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1364 ; nama file lama : ELIN LINDAWATI - NIM. 03220057 PERMAINAN DAN KEMAMPUAN KOGNISI ANAK (STUDI KASUS TERHADAP DUA MURID TK MARDISIWI YOGYAKARTA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1255638 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ELIN LINDAWATI - NIM. 03220057, (2008) PERMAINAN DAN KEMAMPUAN KOGNISI ANAK (STUDI KASUS TERHADAP DUA MURID TK MARDISIWI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1532/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1532/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf