eprintid: 15344 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/53/44 datestamp: 2015-01-27 06:39:17 lastmod: 2017-03-24 03:59:54 status_changed: 2015-01-27 06:39:17 type: article metadata_visibility: show creators_name: IMAM MACHALI, 19791011 200912 1 005 title: STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KB divisions: jur_kis full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi penerapan bauran pemasaran (marketing mix) untuk peningkatan mutu di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memahami dan mendiskripsikan strategi penerapan bauran pemasaran (marketing mix) untuk peningkatan mutu di SD Muhammadiyah Sapen Y ogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) dalam bauran pemasaran di SD Muhammadiyah Sapen berbentuk Product (produk) yang ditawarkan oleh SD Muhammadiyah Sapen kepada pelanggan berupa Program Akselerasi-Cepat Tuntas (PAT AS), Program Cerdas Istimewa Matematika IPA(CIMIP A), Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), Program Regular. Price (harga) harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan layan~jasa bervariasi tergantug pada pilihan masuk sekolah. Place (lokasi/tempat) SD Muhammadiyah Sapen cukup strategis, karena lokasi cukup dekat dengan jalan raya, berada di kota Yogyakarta, dekat dengan berbagai instansi dan sarana pembelajaran, mudah dijangkau oleh orang tua serta peserta didik sendiri, baik dengan sarana transportasi maupun pribadi. Promotion (promosi) yang dilakukan berupa advertising (iklan) melalui media TV, radio, surat kabar, bulletin, majalah, baliho, brosur, internet dan lain-lain. People (SOM) SD Muhammadiyah Sapen baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan melalui seleksi yang sangat ketat dan . μiemenuhi standar pelayanan. Physical evidence (bukti fisik) SD Muhariunadiyah Sapen berupa bukti penting (essential evidence) desain dan tata letak (layout) gedung, desain ruang kelas, gedung sekolah, perpustakaan, lapangan olah raga dan lain-lain sangat memuaskan. Dan bukti pendukung (peripheral evidence) berupa buku prestasi dan perkembangan siswa. Process (proses) SD Muhammadiyah Sapen telah diakui dan memenuhi standar akreditasi BAN PF dengan terpenuhi delapan standar nasional pendidikan berupa Standar isi, Standar proses, Standar pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan), dan Standar penilaian pendidikan. Rekomendasi yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah penggunaan 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) untuk kemajuan lembaga pendidikan Islam unsure 7P patut menjadi pertimbangan dalam proses pengelolaan pendidikan yang kemudian berorientasi pada kepuasan pelanggan pendidikan Islam (costumer satisfaction of Islamic education institution). date: 2012-12-15 date_type: published publication: STRA TEGI BA URAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN refereed: TRUE citation: IMAM MACHALI, 19791011 200912 1 005 (2012) STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. STRA TEGI BA URAN PEMASARAN (MARKETING MIX) UNTUK PENINGKATAN. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15344/1/IMAM%20MACHALI%20-%20STRATEGI%20BAURAN.pdf