%0 Thesis %9 Skripsi %A AZIIZAH NUUR RAHMAH , NIM. 09410141 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:15356 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T HUBUNGAN ANTARA EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA FILM ANIMASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15356/ %X AZIIZAH NUUR RAHMAH. Hubungan Antara Efektivitas Pemanfaatan Media film Animasi dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah, motivasi belajar di SD Muhammadiyah Condongcatur dilakukan dengan tujuan, Pertama agar anak lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran PAI, Kedua agar anak lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: seberapa tinggi motivasi belajar siswa, seberapa tinggi efektivitas pemanfaatan media film animasi, dan apakah ada hubungan positif antara efektivitas pemanfaatan media film animasi dengan motivasi belajar PAI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pemanfaatan media film animasi dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dengan menggunakan metode kuantitatif, pendekatan non-eksperimen metode deskriptif korelasi dan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014, sedangkan sampel penelitian adalah 78 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS for windows 16. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat motivasi belajar siswa kelas III berada pada kategori ”Tinggi”, (Mean= 46,18) 2) Tingkat efektifitas pemanfaatan media film animasi pada pembelajaran PAI berada pada kategori ”Tinggi”, (Mean= 43,17) 3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara efektivitas pemanfaatan media film animasi dengan motivasi belajar PAI siswa kelas III SD Muhammadiyah Yogyakarta (rxy= 0,335), r tabel= 0,225 dan p=0,005. Adapun sumbangan efektif (r2) media film animasi atas motivasi belajar sebesar 11,2% yang berarti selebihnya merupakan subangan dari faktor-faktor lain. %Z Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si