%A NIM. 10410024 WIDIYAWATI %O Pembimbing : Drs. Moch Fuad, M.Pd.. %T EFEKTIVITAS STRATEGI VIDEO CRITIC DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XSMK N 1 TEMPELTAHUN AJARAN 2013/2014 %X Widiyawati. Efektivitas strategi video critic dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK N 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Penddikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa SMK yang pada dasarnya merupakan sekolah umum Menengah Kejuruan. Pembelajaran PAI pada umumnya menimbulkan rasa jenuh tersendiri bagi siswa, karena sistem pembelajaran yang monoton. Ini merupakan tugas guru untuk menyampaikan pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga materi yang disampaikan dengan mudah dipahami oleh siswa dan konsep menyenangkan, konsep tersebut dapat menimbulkan suatu minat belajar siswa dalam mengikuti suatu pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi video criticdi SMK N 1 Tempel tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Eks Post Facto. Penelitian ini merupakan penelitian sampelyang terdiri dari siswa kelas X SMK N 1 Tempel yang berjumlah sebanyak 123 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) Dalam penerapan strategi video critic merupakan strategi pembelajaran yang sangat membantu memudahkan pemahaman siswa, siswa yang mengalami kejenuhan mengalami minat belajar kembali. Namun masih ada kekurangan bila tidak diterapkan dan dirangkai sesuai tujuan pembelajaran siswa masih ada yang tertinggal pembelajaran karena kurang memahaminya. 2) Minat belajar siswa kelas X di SMK N 1 Tempel mempunyai kelas strategi video critic memiliki kategori baik 18 (30,3%) sedangkan kelas ceramah memiliki kategori cukup baik 22 (38,3%). 3) Strategi video critic dalam pembelajaran PAI efektif meningkatkan minat belajar di SMK N 1 Tempel. Hal ini berdasarkan hasil uji-t diperoleh t-hitung adalah 16.400 dengn df=N1+N2-2= 64+57-2=119 p (0,470) < α (0,05) dan diperoleh rerata minat belajar PAI pada kelas strategi video critic (M=48,79, SE=0,449) lebih besar daripada rerata minat belajar kelas ceramah (M=36,30, SE=0,267) %K Kata Kunci : efektivitas Strategi, Minat belajar, dan perbedaan dengan kelas Cerama %D 2015 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib15361