TY - THES N1 - Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., M.A., ID - digilib15362 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15362/ A1 - MUHAMMAD HAFIDH PUTRANTO , NIM : 10410055 Y1 - 2015/01/28/ N2 - MUHAMMAD HAFIDH PUTRANTO. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akhlak di Sekolah dengan Perilaku Bullying di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa perilaku bullying terjadi dapat disebabkan pola asuh atau pendidikan dalam keluarga. Melalui pembelajaran akhlak di sekolah anak-anak diharapkan memiliki perilaku mulia dan akhlak yang baik. Berdasarkan informasi dari guru SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta sering terjadi tindakan bullying yang dilakukan oleh sebagian siswa seperti memojokkan, berebut makanan, serta saling mengejek. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. (2) mengetahui hubungan hasil belajar mata pelajaran akhlak yang diajarkan di sekolah dengan perilaku bullying pada siswa di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. (3) menguji secara empiris hubungan pola asuh orang tua dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan akhlak yang diajarkan di sekolah dengan perilaku bullying pada siswa di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik inferensial yaitu regresi ganda dengan bantuan program komputer SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada korelasi yang positif antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying yang dibuktikan dengan nilai rx1y sebesar 4,501 dan p: 0,002 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Artinya pola asuh orang tua dengan jenis demokratis, otoriter, dan permisif semakin tinggi angka poinnya semakin tinggi tingkat bullyingnya. (2) Ada korelasi yang negatif antara hasil belajar mata pelajaran akhlak di sekolah dengan perilaku bullying yang dibuktikan dengan nilai rx2y sebesar -0,482 dan p: 0,002 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Artinya bahwa hasil belajar mata pelajaran akhlak semakin tinggi nilai prestasi belajarnya dapat berhubungan dengan penurunan perilaku bullying. (3) Terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan akhlak di sekolah secara bersama-sama dengan perilaku bullying pada siswa di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta tahun 2014. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 7,108 dengan taraf signifikansi 0,002. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua KW - Hasil Belajar Mata Pelajaran Akhlak KW - dan Perilaku Bullying. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKHLAK DI SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH MILIRAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -