@phdthesis{digilib15363, month = {January}, title = {KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT KITAB IHY{\^A}? UL{\^U}MIDD{\^I}N KARYA AL-GHAZ{\^A}L{\^I} DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410082 LAILI MASRUROH }, year = {2015}, note = {Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, M.A.}, keywords = {Kata kunci: Kepribadian Guru, Kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n karya Al-Ghaz{\^a}l{\^i}, Relevansi, Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15363/}, abstract = {LAILI MASRUROH. Konsep Kepribadian Guru dalam Kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n Karya Al-Ghaz{\^a}l{\^i} dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru PAI seharusnya memiliki kompetensi kepribadian yang dapat menjadi figur teladan bagi peserta didik. Namun kenyataannya masih ada guru yang belum memiliki figur kepribadian yang dapat diteladani oleh peserta didik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang konsep kepribadian guru dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n karya Al-Ghaz{\^a}l{\^i} dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana membentuk guru pendidikan agama Islam agar memiliki kompetensi kepribadian melalui konsep yang ada dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n karya Al- Ghaz{\^a}l{\^i}. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kompetensi kepribadian guru pendidikan dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang metode analisisnya adalah metode analisis isi (content analysis), yaitu suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan dengan data yang benar serta memperhatikan konteksnya. deskriptif analisis dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, dibandingkan persamaan dan perbedaannya dengan fenomena tertentu yang diambil bentuk kesamaannya, serta menarik kesimpulan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah, karena penelitian ini mengkaji data-data yang terjadi di masa lalu dengan menggunakan fakta-fakta historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian yang harus dimiliki seorang guru dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n karya Al-Ghaz{\^a}l{\^i} adalah akhlak mulia (cinta kasih dan keikhlasan), berwibawa, sportif (lapang dada), bijaksana dan menjadi teladan. Sifat-sifat kepribadian guru yang ada dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n tersebut relevan dengan kompetensi kepribadian guru yang ada dalam Undang- Undang Nomer 14 tahun 2005 yakni sifat-sifat akhlak mulia, berwibawa, sportif, bijaksana serta mampu menjadi teladan. Guru pendidikan agama Islam sudah seharusnya memiliki kompetensi kepribadian seperti yang terdapat dalam kitab Ihy{\^a}? Ul{\^u}midd{\^i}n karya Al-Ghaz{\^a}l{\^i} tersebut. } }