%0 Thesis %9 Skripsi %A UNTARI , NIM. 10411032 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:15367 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T DAMPAK PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS X DI SMA N I JETIS BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15367/ %X Untari. Judul penelitian ini adalah Dampak Penerapan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas X di SMA Negeri 1 Jetis. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Di latar belakangi dengan masih ditemukannya penilaian yang bersifat satu arah dan kurang menyeluruh, hanya mementingkan aspek kognisi sehingga kurang menyentuh aspek ketrampilan dan sikap. Sehingga hasil dari penilaian tersebut belum memicu timbulnya hasil belajar yang maksimal dalam diri peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan penilaian autentik pada pembelajaran PAI. Dimana penilaian autentik kajian penilitiannya terletak pada tiga ranah yaitu kognisi, psikomotor dan afeksi. Setelah diketahui penerapan penilaian autentik tersebut, kemudian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar setelah diterapkannya penilaian autentik pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah dan penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran PAI di kelas X serta dampaknya terhadap hasil belajar. Sifat dari penelitian kualitatif, menggunakan dokumen serta data wawancara sebagai hasil dari penelitian. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu Triangulasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses penerapan penilaian autentik di SMA N 1 Jetis diterapkan dengan cukup baik. Teknik dan instrument yang diterapkan dalam aspek kognisi, psikomotor dan afeksi dilakukan sesuai pedoman yang ada. Dampak dari penilaian autentik terhadap hasil belajar peserta didik, dapat diketahui dari keberhasilan berjalannya penilaian yang menyeluruh serta kondisi peserta didik yang semakin bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Peserta didik lebih mandiri dalam belajar memahami dan mencari informasi terkait dengan materi yang diajarkan dan di nilai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penilaian autentik yang dilakukan oleh guru PAI, mempunyai dampak yang positif terhadap hasil belajar peserta didiknya. %Z Pembimbing : Dr. Sukiman, M. Pd