<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n"^^ . "DEWI VIVI NURJANAH. Efektivitas Pembelajaran Nahwu dengan\r\nMenggunakan Kitab Nahwu Langkah I dan II di Pondok Pesantren Fadlun\r\nMinalloh Wonokromo Bantul. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa\r\nArab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran\r\nnahwu dan efektivitas pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab nahwu\r\nlangkah I dan II kelas Ibtida’ A Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo\r\nBantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel\r\nsantri kelas Ibtida’ A Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Bantul,\r\ndengan jumlah 45 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes,\r\nobservasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis instrumen meliputi uji validitas\r\ndan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji T.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran nahwu dengan\r\nmenggunakan kitab Nahwu Langkah I dan II dimulai dengan merumuskan tujuan\r\npembelajaran, dan diakhiri dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tujuan\r\npembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh yaitu supaya santri\r\ndapat membaca dan memahami kitab gundul (tanpa syakal) sesuai dengan kaidah\r\nyang benar, serta dapat mengetahui isi Al- Qur’an dan Hadīṡ. Metode\r\npembelajaran yang digunakan adalah metode deduktif, tanya jawab dan\r\npenugasan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari tes lisan, tulis, dan penugasan.\r\nSedangkan untuk hasil efektivitas pembelajaran dapat dikatakan efektif. Hal ini\r\ndapat dilihat dari hasil uji T dengan paired sample T Test antara nilai pretest dan\r\nnilai posttest diperoleh nilai rata- rata pretest sebesar 57,76 dan nilai rata- rata\r\nposttest sebesar 74,91. Sedangkan untuk signifikansi diperoleh nilai sebesar 0,000\r\nnilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05).\r\n"^^ . "2015-01-28" . . . . . . . . . . . . . . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10420006"^^ . "DEWI VIVI NURJANAH "^^ . "NIM. 10420006 DEWI VIVI NURJANAH "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Text)"^^ . . . "10420006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Text)"^^ . . . "10420006 Dewi_Vivi_Nurjanah.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU\r\nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH\r\nWONOKROMO BANTUL\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15370 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU \nDENGAN MENGGUNAKAN KITAB NAHWU LANGKAH I DAN II \nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH \nWONOKROMO BANTUL \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .