eprintid: 15371 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/53/71 datestamp: 2015-01-28 03:21:35 lastmod: 2015-01-28 03:21:35 status_changed: 2015-01-28 03:21:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JAUHARA SANIYATI , NIM: 10420016 title: PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA ispublished: unpub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Pembelajaran, kitab Al-Ājjurūmiyyah, Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah note: Abdul Munip abstract: Jauhara Saniyati, Keberhasilan Pembelajaran Kitab AlĀjjurūmiyyah Dengan Metode Pemaknaan Arab Pegon Di Kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaaan Arab pegon, mengetahui imlplikasi pemaknaan Arab pegon dalam pembelajaran kitab AlĀjjurūmiyyah di kelas Jurūmiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, mengetahui hasil yang dicapai oleh santri dalam pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang telah terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya serta metode analisis kuantitatif untuk menganalisa hasil tes santri dalam pemahaman terhadap pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah menggunakan Arab pegon. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber datanya berasal dari para santri dan ustaż kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Proses pembelajaran kitab AlĀjjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon berjalan dengan baik, santri dan ustaż berperan aktif dalam pembelajaran (2) Implikasi yang terjadi yaitu : Santri dapat melatih keterampilan dalam bidang khot, santri dapat meringkas penulisanArab pegon dengan tanda-tanda khusus, santri dapat mengetahui makna per kata dan kedudukannya, santri dapat mengambil berkah, santri terdidik untuk sabar, santri dapat istiqomah dalam belajar (3) Hasil yang diperoleh dari pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon cukup baik dengan rata-rata nilai yaitu 71,19. date: 2015-01-28 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: JAUHARA SANIYATI , NIM: 10420016 (2015) PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/1/10420016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/2/10420016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/4/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/5/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/6/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/7/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/8/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/9/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/10/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15371/11/small.jpg