%A NIM. 10420094 NURLAILI FATAYATI %O Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag %T EFEKTIVITAS PENGUASAAN ILMU NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB SYARHU MUTAMMIMAH ALJURŪMIYYAH DALAM MENGUASAI KITAB KUNING DI KELAS WUSTHO II PUTRI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI JEJERAN PLERET BANTUL %X Nurlaili Fatayati, Efektivitas Penguasaan Ilmu Nahwu dengan Menggunakan Kitab Syarhu Mutammimah Al-jurūmiyyah Dalam Menguasai Kitab Kuning di Kelas Wustho II Putri Madrasah Diniyyah An-Nawawi Jejeran Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ilmu nahwu dan tingkat efektivitas pengusaan ilmu nahwu dengan menggunakan kitab Syarhu Mutammimah Al-jurūmiyyah dalam menguasai kitab kuning di kelas Wustho II Putri Madrasah Diniyyah An- Nawawi Pondok Pesantren Al-Fithroh Jejeran Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar belakang di Madrasah Diniyyah An-Nawawi Pleret Bantul. Subyek penelitian ini adalah waka Madrasah, usta pengampu ilmu nahwu kelas wustho II dan santri kelas wustho II putri serta segenap informan yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verivication) serta analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh ustaż dalam pembelajaran ilmu nahwu dengan menggunakan kitab syarhu Mutammimah Al-jurūmiyyah di kelas wustho II putri adalah metode gramatikal dan tarjamah, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode Drill (latihan). Adapun tingkat efektivitas penguasaan ilmu nahwu oleh santri dengan menggunakan kitab tersebut cukup efektif dibuktikan dengan nilai rata-rata 5,9. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh ustaż dan santri dalam pembelajaran ilmu nahwu adalah alokasi waktu pembelajaran yang terbatas, kurangnya kedisiplinan, santri kurang mememahami materi yang diajarkan pada kelas sebelumnya, latar belakang santri yang beragam, pemahaman terhadap pembelajaran yang diterima santri tidak sama, tidak ada jam tambahan ekstrakurikuler, dan ruang pembelajaran yang kurang nyaman. %K Kata kunci: Efektivitas, Penguasaan Ilmu Nahwu, kitab Syarhu Mutammimah Al-jurūmiyyah. %D 2015 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib15372