@phdthesis{digilib15373, month = {January}, title = {PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI III GUNUNGAN MANYARAN WONOGIRI }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 11410007 MASITOH RATNA JUWITA}, year = {2015}, note = {Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15373/}, abstract = {Masitoh Ratna Juwita. Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Negeri III Gunungan Manyaran Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah dekadensi moral yang banyak terjadi di kalangan masyarakat dari kecil hingga dewasa. Sedangkan Pendidikan Agama Islam memiliki tujuan untuk membentuk seorang yang memiliki sikap dan kepribadian yang kuat baik dalam segi keagamaan maupun ilmu pengetahuan. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang baik. Pembelajaran yang baik dipengaruhi oleh tiga komponen, yaitu kondisi, metode, dan hasil pembelajaran. Dengan adanya tantangan ini guru PAI dan Budi Pekerti mencoba untuk memberikan inovasi baru dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan model Quantum Learning untuk membentuk kepribadian muslim siswa. Oleh karena itu tujuan peneliti adalah mendiskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran Quantum Learning dan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk membentuk kepribadian muslim siswa kelas V, baik dalam segi penerapan dan hasilnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Negeri III Gunungan. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Pendekatan ini dipilih karena mengkaji masalah dengan mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang diamati. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan model Quantum Learning telah diterapkan sesuai dengan teori, dan guru berhasil menciptakan suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran. Sehingga mind set siswa untuk lebih semangat dalam belajar PAI dan Budi Pekerti. 2). Penerapan model pembelajaran quantum learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti telah berhasil memberikan pengaruh positif dalam diri siswa sehingga enam cirri kepribadian muslim anak telah berangsur terbentuk pada diri para siswa kelas V. Hal ini terjadi karena konsistensi guru dalam membimbingan dan mendidik para siswa menggunakan model quantum learning. } }