@phdthesis{digilib15374, month = {January}, title = {MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTULYOGYAKARTA}, school = {U}, author = {NIM. 11420053 RIZAL EFFENDI PUTRA}, year = {2015}, note = {Pembimbing : Nurhadi, M.A}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15374/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat terealisasinya pembelajaran yang efektif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari asil observasi, wawancara dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mengkaji data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan menverifikasi mana data yang lebih mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian menunjukkan : 1) Manajemen pembelajaran bahasa Arab dapat dilihat dari fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh guru, yaitu: pertama,perencanaan pembelajaran, hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran seperti silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program harian, Program semester dan Program tahunan mengacu pada kalender akademik yang telah disepakati oleh kantor wilayah (Kanwil). Meskipun demikian, hampir semua komponen rencana pembelajaran ada, mulai dari analisis tujuan pembelajaran, program tahunan, program semester dan program harian.Kedua, pengorganisasian pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran cukup efektif, karena baik pendekatan, strategi, metode, media pengelolaan kelas yang digunakan sudah cukup bagus. Ketiga, pengarahan pembelajaran, dari hasil penelitian menunjukkan guru sudah mealakukan pengarahan yang baik kepada siswanya dalam memotivasi, memimpin maupun dalam mengajar. Keempat, pengawasan pembelajaran, pengawasan pembelajaran sudah cukup efektif karena penilaian yag dilakukan guru adalah penilaian ujian, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. 2) Dari beberapa faktor pendukung dan penghambat, dengan adanya lulusan siswa MTs membuat pembelajaran menjadi mudah sehingga terbiasa dengan tulisan-tulisan dan bacaan-bacaan bahasa Arab. Namun , faktor penghambat utamapun adalah kemampuan siswa yang masih rendah dalam membaca dan menerjemahkan tulisan bahasa Arab.} }