%A NIM: 11420077 ROBIAH ALNGADAWIYAH SHOFRIN FAJRI %O Dudung Hamdun, M.SI., %T PROBLEMATIKA KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014 – 2015 %X Robiah Alngadawiyah Shofrin Fajri,11420077, “Problematika Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada Pembelajaran Mata Kuliah Al-Kalām 3 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2014-2015”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa problematika kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada pembelajaran al-kalām 3 di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab dan bagaimana upaya mengatasinya. Penelitian lapangan ini merupakan penelitian kualitatif di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek penelitian ini meliputi: dosen pengampu al-kalām 3 dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah al-kalām 3. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) problematika kemampuan berbicara bahasa Arab yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yaitu latar belakang pendidikan mereka yang berbeda-beda, serta dari mahasiswa nya sendiri seperti contoh: mereka merasa malu dan takut salah ketika akan berbicara bahasa Arab. (2) faktor pendukung saat pembelajaran al-kalām yaitu ruang kelas yang cukup lengkap dan nyaman ketika digunakan dalam belajar,tenaga pengajar yang qualified dalam bidangnya sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran al-kalām 3, tidak adanya fasilitas sarana yang menunjang seperti buku Ajar, laboratorium bahasa, dan asrama serta tidak diterapkannya lingkungan bahasa (bi’ah lughowiyah). (3) upaya mengatasinya yaitu menghafal mufrodat-mufrodat supaya menambah perbendaharaan kata, menggalakkan aktivitas dan kegiatan yang mendukung untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. %K Kata kunci : Problematika, Kemampuan , Berbicara %D 2015 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib15375