@phdthesis{digilib15376, month = {January}, title = { EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM, 11420086 RZ. RICKY SATRIA WIRANATA}, year = {2015}, note = {Dr. Maksudin, MA,}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15376/}, abstract = {RZ. Ricky Satria Wiranata, 11420086. ?Eksperimentasi Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul?. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Bahasa Arab merupakan suatu kebutuhan yang harus kita kenalkan kepada peserta didik sejak dini, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi di dunia internasional, bahasa Arab juga digunakan sebagai alat untuk memahami khasanah keislaman. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang kurang tertarik mempelajarai bahasa Arab sehingga guru kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, eksperimentasi ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajara peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode think pair share dalam pembelajaran bahasa Arab dan kelas kontrol yang menggunakan metode klasik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Gubukrubuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitin menunjukkan bahawa uji T pos\_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai tobservasi {\ensuremath{>}} ttabel (disetujui) atau 4,657 {\ensuremath{>}} 2,00 pada taraf signifikansi 5\%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T nilai pre\_tes dan Pos\_tes kelompok eksperimen menunjukkan bahwa tobservasi {\ensuremath{>}} ttabel (disetujui), sehingga diperoleh 7,144 {\ensuremath{>}} 2,00 pada taraf signifikansi 5\%. Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode think pair share pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro?ah) di kelas VII MTs Negeri Gubukrubuh tahun pelajaran 2014/2015. } }