relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/ title: KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN TELEVISI NASIONAL creator: SULISTIANI NURHASANAH , NIM. 10120060 subject: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah saat ini simbol-simbol agama semakin marak digunakan di media massa, terutama dalam iklan televisi. Banyak iklan yang menggunakan simbol-simbol agama Islam dalam rangka untuk menarik konsumen Muslim. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa yang menyebabkan terjadinya komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional? Bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apa penyebab terjadinya komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional dan menjelaskan bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kerangka teori komodifikasi, sehingga metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-analitis. Komodifikasi adalah proses transformasi barang dan jasa yang semula dinilai karena nilai gunanya, menjadi komoditas yang bernilai karena ia bisa mendatangkan keuntungan di pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi agama Islam terjadi karena adanya globalisasi dan modernisasi. Globalisasi itu terutama melalui media elektronik, seperti: radio dan televisi. Penelitian ini mengambil tujuh contoh iklan televisi, yaitu: iklan Larutan penyegar Cap Kaki Tiga, iklan larutan penyegar Cap Badak dari Sinde, iklan Telkomsel Ibadah, iklan kosmetik Wardah, dan iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh. Dari tujuh contoh iklan tersebut, penulis menemukan empat bentuk komodifikasi agama Islam yang berupa simbol agama Islam dalam iklan televisi, yaitu: model dalam iklan, pakaian yang digunakan oleh model dalam iklan, latarbelakang yang digunakan, dan kata-kata yang diucapkan dalam iklan tersebut. Di dunia yang global ini, fungsi agama mengalami perubahan dengan begitu cepat. Pola-pola perilaku islami telah mengalami perubahan yang sangat besar selama beberapa tahun terakhir. Popularitas pakaian islami dan penggunaan simbol-simbol, serta ekspresi bahasa Islam di media dan tempat-tempat umum semakin ramai. Konsumsi Islam sebagai komoditas keagamaan saat ini telah berkembang dengan pesat. Kaum Muslim sekarang ini semakin menyukai produk-produk Islam dan menggunakannya karena menganggap hal itu sebagai bagian dari ungkapan keimanan. date: 2015-01-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/1/10120060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/2/10120060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/2/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/3/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/4/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/5/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/6/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/7/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/8/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/9/small.jpg identifier: SULISTIANI NURHASANAH , NIM. 10120060 (2015) KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN TELEVISI NASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.