eprintid: 15395 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/53/95 datestamp: 2015-01-29 02:22:18 lastmod: 2015-01-29 02:22:18 status_changed: 2015-01-29 02:22:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SULISTIANI NURHASANAH , NIM. 10120060 title: KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN TELEVISI NASIONAL ispublished: pub subjects: S divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Komodifikasi, Simbol agama Islam, Iklan televise note: Pembimbing : Dr. Muhammad Wildan, M.A. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah saat ini simbol-simbol agama semakin marak digunakan di media massa, terutama dalam iklan televisi. Banyak iklan yang menggunakan simbol-simbol agama Islam dalam rangka untuk menarik konsumen Muslim. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa yang menyebabkan terjadinya komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional? Bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apa penyebab terjadinya komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional dan menjelaskan bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi agama Islam dalam iklan televisi nasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kerangka teori komodifikasi, sehingga metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-analitis. Komodifikasi adalah proses transformasi barang dan jasa yang semula dinilai karena nilai gunanya, menjadi komoditas yang bernilai karena ia bisa mendatangkan keuntungan di pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi agama Islam terjadi karena adanya globalisasi dan modernisasi. Globalisasi itu terutama melalui media elektronik, seperti: radio dan televisi. Penelitian ini mengambil tujuh contoh iklan televisi, yaitu: iklan Larutan penyegar Cap Kaki Tiga, iklan larutan penyegar Cap Badak dari Sinde, iklan Telkomsel Ibadah, iklan kosmetik Wardah, dan iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh. Dari tujuh contoh iklan tersebut, penulis menemukan empat bentuk komodifikasi agama Islam yang berupa simbol agama Islam dalam iklan televisi, yaitu: model dalam iklan, pakaian yang digunakan oleh model dalam iklan, latarbelakang yang digunakan, dan kata-kata yang diucapkan dalam iklan tersebut. Di dunia yang global ini, fungsi agama mengalami perubahan dengan begitu cepat. Pola-pola perilaku islami telah mengalami perubahan yang sangat besar selama beberapa tahun terakhir. Popularitas pakaian islami dan penggunaan simbol-simbol, serta ekspresi bahasa Islam di media dan tempat-tempat umum semakin ramai. Konsumsi Islam sebagai komoditas keagamaan saat ini telah berkembang dengan pesat. Kaum Muslim sekarang ini semakin menyukai produk-produk Islam dan menggunakannya karena menganggap hal itu sebagai bagian dari ungkapan keimanan. date: 2015-01-29 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi citation: SULISTIANI NURHASANAH , NIM. 10120060 (2015) KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN TELEVISI NASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/1/10120060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/2/10120060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15395/9/small.jpg