eprintid: 15444 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/54/44 datestamp: 2015-01-30 06:42:57 lastmod: 2016-03-07 02:57:36 status_changed: 2015-01-30 06:42:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KAUSAR HI PUASA , NIM. 10680011 title: EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Talking stick, Think pair share note: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Motivasi dan hasil belajar yang belum maksimal merupakan permasalahan yang sering ditemui disekolah salahsatunya di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Oleh karena itu dibutuhkan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas: 1) Metode Think pair share dan Talking stick terhadap motivasi belajar pada materi klasifikasi tumbuhan dan hewan, 2) Metode Think pair share dan Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan dan hewan Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experimen) dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok. Sempel yang digunakan adalah 3 kelas yang dipilih secara random, yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen pertama (pembelajaran dengan metode Think pair share) dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen kedua (pembelajaran dengan metode Think pair share dan Talking stick). Pengumpulan data menggunakan data test dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji One Way Anova untuk data hasil belajar dan uji Kruskal Wallis untuk data motivasi belajar. Hasil uji statistik Kruskal Wallis motivasi belajar siswa diperoleh nilai p- value sebesar < (0,05). Sedangkan hasil belajar siswa pengujian mengunakan One Way Anova diperoleh nilai p-value < 0,05. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Terdapat efektivitas metode think pair share dan talking stick terhadap motivasi belajar siswa, 2) Terdapat efektivitas metode think pair share dan talking stick terhadap hasil belajar kognitif siswa date: 2015-01-01 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KAUSAR HI PUASA , NIM. 10680011 (2015) EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15444/2/10680011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15444/1/10680011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf