%A NIM. 10220029 DEWI ANJAR SARI %O Pembimbing: Drs. Abror Sodik, M. Si. %T KONSELING MELALUI MEDIA TELEKOMUNIKASI TELEPON (STUDI KASUS DI TESA 129 PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK “REKSO DYAH UTAMI” DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) %X Dewi Anjar Sari, 10220029, Konseling Melalui Media Telekomunikasi Telepon (Studi Kasus di TeSA 129 Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami” Daerah Istimewa Yogyakarta). Adapun ketertarikan penulis untuk mengkaji dan meneliti lebih dalam terkait dengan proses konseling melalui media telekomunikasi tetepon yang ditangani Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 adalah mengetahui bentuk-bentuk pelayanan dan pelaksanaan konseling yang ditangani Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 di Pusat Pelayanan Terpadu (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” dari Tahun 2008-2014. Selain itu penulis sangat tertarik dengan program Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 ini dikarenakan layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 mempunyai banyak manfaat, selain untuk konseling Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 juga memberikan informasi kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam mencegah terjadinya kasus-kasus kekerasan dan pelanggaran hak-hak anak, serta para orang tua dapat mengetahui perkembangan psikologi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses konseling dan pelaksanaan konseling melalui media telekomunikasi telepon di TeSA 129 Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitiannya adalah 3 (tiga) Kakak TeSA 129 yang bertugas sebagai konselor TeSA, Kepala pengelola Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta dan Koordinat TeSA 129, sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah proses konseling di TeSA 129 Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan keadaan secara apa adanya sejauh penulis peroleh dari wawancara dan dokumentai. Hasil dari penelitian ini adalah: proses pemberian bantuan dalam memecahkan permasalahan anak melalui media telekomunikasi telepon di TeSA 129 Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak “Rekso Dyah Utami” yakni konseli menelepon, pembukaan, identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment dan follow up. %K Kata Kunci: Konseling media konseling, telekomunikasi telepon %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib15624