%A NIM. 09230024 LISTIANA ETY KALPIKAWATI %O Pembimbing : Drs. H. Afif Rifai, MS %T UPAYA SLB-E PRAYUWANA DALAM MENSOSIALISASIKAN ANAK TUNALARAS DI MASYARAKAT PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA %X Individu tunalaras biasanya menunjukan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di sekitarnya. Tunalaras dapat disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal yaitu pengaruh dari interaksi dari lingkungan sekitar. Merekaterkadang berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang tidak dapat diterimaoleh lingkungan. Semua itu terjadi dikarenakan keterampilan sosial yang dimilikianak tunalaras masih kurang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Karena ini mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa yang terjadi sekarang. Data ini diperoleh melalui interview, observasi, dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, guru, warga sekitar, siswa, dan orangtua wali siswa. Proses sosialisasi yang dilalui oleh anak tunalaras yaitu melalui tahap persiapan, meniru, dan bertindak. Sebenarnya proses sosialisasi anak tunalaras tidak jauh berbeda dengan anak yang tidak mengalami hambatan emosional namun akibat dari keterbatasan yaitu hambatan emosional, anak tunalaras tidak mampu mengendalikan emosionalnya secara maksimal sehingga menghambat proses sosialisasinya.Dengan melalui berbagai macam kegiatan yang dilakukan di SLB-E Prayuwana Yogyakarta maka upaya yang ada sekarang dapat dioptimalkan lagi, tentunya dengan bantuan dari berbagai pihak.Upaya SLB-E Prayuwana Yogyakarta ini membuahkan hasil yang baik, diantaranya adalah kemampuan mengelola emosi yang lebih baik dari sebelumnya melalui berbagai aktivitas maupun kegiatan yang positif sehingga membuat anak lebih percaya diri, memiliki kemandirian, lebih diakui sebagai bagian dari masyarakat di lingkungan sekitar. %K Kata Kunci: Upaya SLB-E Prayuwana dalam Mensosialisasikan Anak Tunalaras %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib15637