%A NIM. 11230018 NOVIA MARWAH %O Pembimbing Dr. Aziz Muslim, M.Pd. %T CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM MANDIRI BERSAMA MANDIRI DI MRICAN, KELURAHAN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA) %X Novia Marwah, Corporate social Responsibility PT. Bank Mandiri, Studi Implementasi Program Mandiri Bersama Mandiri di Mrican, Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan, karena di negara Indonesia ada Undang-undang yang mengatur tentang kewajiban pelaksanaan CSR oleh perusahaan. Selain untuk mematuhi Undang-undang, CSR dilakukan juga karena kesadaran perusahaan dalam membantu negara mengentaskan kemiskinan. Bank Mandiri mempunyai program CSR dengan pemberdayaan, yaitu Mandiri Bersama Mandiri (MBM). Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep, mlementasi dan hasil dari program MBM yang dilakukan oleh Bank Mandiri di Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu pengamatan suatu obyek dan menginterpretasikannya dalam uraian kata-kata. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan model Miles dan Huberman, yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data dalam teks naratif, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep CSR MBM secara garis besar adalah membangun kemandirian masyarakat melalui pemanfaatan potensi lokal masyarakat. Implementasi CSR yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri melalui program pengembangan pertanian perkotaan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan pengembangan fasilotas publik di Mrican mempunyai manfaat atau hasil untuk pemberdayaan masyarakat Mrican. Hasil tersebut berupa hasil fisik dan non-fisik. Hasil fisik berupa terciptanya lingkungan bersih dan asri di Mrican, terwujudnya balai pertemuan warga, bertambahnya perlengkapan memasak Ibu-ibu PKK, menghemat pengeluaran belanja, dan terciptanya peningkatan perekonomian masyarakat. Hasil non-fisik berupa terbentuknya kesadaran masyarakat, bertambahnya pengetahuan masyarakat, terbentuknya ibuibu terampil, terciptanya kemandirian masyarakat, dan bertambahnya jaringan bisnis bagi masyarakat. %K Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, konsep, pemberdayaan, hasil. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib15644