%0 Thesis %9 Skripsi %A ZAINAL ARIFIN, NIM. 11240060 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2015 %F digilib:15667 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci : Kepemimpinan, Kerjasama Tim Dan Fokus Pada Pelanggan, Knowledge Sharing %T PENGARUH KEPEMIMPINAN, KERJASAMA TIM DAN FOKUS PADA PELANGGAN TERHADAP KNOWLEDGE SHARING (STUDI EMPIRIS PT. BANK BPD DIY CABANG SYARIAH CIK DITIRO YOGYAKARTA TAHUN 2014) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15667/ %X Zainal Arifin (11240060), “Pengaruh Kepemimpinan, Kerjasama Tim dan Fokus Pada Pelanggan Terhadap Knowledge Sharing (Studi Empiris PT. Bank BPD DIY Cabang Syariah Cik Ditiro Yogyakarta Tahun 2014)” Persaingan dalam dunia usaha sangatlah ketat, salah satunya adalah persaingan dunia jasa keuangan syariah. Untuk mempertahankan eksistensi di dunia jasa keuangan syariah manajemen perusahaan harus mempunyai sistem knowledge management. Dalam praktik knowledge management diperlukan suatu praktik manajerial yang disebut knowledge sharing. Knowledge sharing sangat membantu perusahaan dalam berinovasi ditengah tingginya tensi persaingan jasa keuangan syariah. Kepemimpinan, kerjasama tim dan fokus pada pelanggan adalah tiga faktor yang mempengaruhi intensitas knowledge sharing di suatu organisasi. Bank BPD DIY Cabang Syariah Cik Ditiro Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan syariah. Sebagai lembaga yang didukung dengan modal yang besar dari Bank BPD DIY konvensional, Bank BPD DIY syariah harus mampu bertahan dengan para pesaing yang sudah ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan, kerjasama tim dan fokus pada pelanggan terhadap knowledge sharing secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan subjek penelitian karyawan Bank BPD DIY cabang syariah Cik Ditiro Yogyakarta. Objek penelitian ini 3 faktor yang mempengaruhi knowledge sharing yaitu kepemimpinan, kerjasama tim dan fokus pada pelanggan. Metode pengumpulan data terdiri dari angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian statistik dengan analisis uji asumsi (normalitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis ( uji t, uji f, dan uji adjust R2) Hasil dari penelitian ini secara simultan atau uji F menunjukkan nilai F hitung 15,454 dengan signifikansi 0,000 ≤ 0,05 yakni kepemimpinan, kerjasama tim dan fokus pada pelanggan berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap knowledge sharing. Dan secara parsial faktor yang paling berpengaruh adalah fokus pada pelanggan dengan signifikansi 0,002. Dan faktor yang tidak berpengaruh adalah kerjasama tim. %Z Pembimbing : Dra. Hj. Mikhriani, M.M.