%0 Thesis %9 Skripsi %A HAFIZH ROSYIDI, NIM. 10600064 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:15692 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci: Kesulitan Belajar, Persoalan Lingkaran, Analisis. %T ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 PANDAK BANTUL DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN LINGKARAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15692/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis-jenis kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Pandak dalam menyelesaikan persoalan lingkaran. Jenis kesulitan yang akan dijelaskan berkaitan dengan kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep dan prinsip lingkaran, kesulitan operasi matematika, kesulitan memecahkan masalah verbal, dan kesulitan materi pra syarat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian kualitatif ini mengacu pada Moleong (2007) yang meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan, mengurus perijinan, dan menyusun instrumen penelitian. 2) tahap penelitian pemberian tes diagnostik dan wawancara. 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 4 Pandak tahun pelajaran 2013/2014 pada siswa kelas VIII D. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa kelas VIII D SMP N 4 Pandak saat menyelesaikan persoalan lingkaran adalah sebagai berikut : 1) kesulitan menggunakan konsep keliling lingkaran dan konsep luas lingkaran, 2) kesulitan memahami dan menggunakan prinsip lingkaran terutama pada materi sudut pusat dan sudut keliling, 3) kesulitan dalam melakukan operasi dasar matematika dan operasi perkalian bentuk akar, 4) kesulitan memahami soal cerita dan menentukan hal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, dan 5) kesulitan materi pra syarat seperti aljabar dan teorema Phytagoras. Jenis kesulitan tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar. %Z Pembimbing : Suparni, M.Pd.