TY - THES N1 - Pembimbing: Kifayah Amar, S.Sc., Ph.D ID - digilib15739 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15739/ A1 - ARTA YUNANTA, NIM. 1220011029 Y1 - 2015/02/20/ N2 - Perpustakaan sebagai pusat dan tempat pengelolaan informasi harus dapat mempertahannkan eksistensinya dalam menyebarkan informasi yang benar dan akurat. Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan berkembangnya informasi. Salah satu perpustakaan yang menunjang dalam proses dunia pendidikan adalah Perpustakaan Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, metode ini adalah penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Penelitian kuantitatif dapat diatikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivs, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic. Jadi sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan dan pertimbangan dari viable Issac dan Michael adalah sebanyak 260 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa semua jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa rata-rata tertinggi terdapat pada indikator tangible khususnya pada item Staff perpustakaan berpenampilan baik dan rapi, dengan nilai sebesar 3,81. Sedangkan rata-rata terendah terdapat pada 2 indikator yaitu emphaty khususnya pada item Staff perpustakaan memberikan perhatian khusus kepada pengguna dan indikator responsiveness khususnya pada item Staff perpustakaan bersedia menawarkan bantuan. Kedua item pertanyaan tersebut memiliki rata-rata sebesar 3,24. Selain indikator service quality, indikator laiinya yaitu komunikasi dan loyalitas pengguna perpustakaan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang juga disebutkan sangat tinggi, hal ini terlihat dari jumlah pengunjung dan staff perpustakaan melakukan komunikasi dengan pengguna perpustakaan sangat tinggi. Indikator tersebut berada di dalam indikator pelayanan Empaty. Harapan dan kenyataan yang terlihat bahwa seluruhnya bernilai negative. Dengan demikian dapat diartikan bahwa meskipun pelayanan yang telah dirasakan oleh pengguna perpustakaan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dikategorikan tinggi, akan tetapi masih belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna perpustakaan. Masih ada beberapa item yang perlu ditingkatkan supaya kepuasan terhadap pelayanan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang semakin baik. Kata Kunci : Perpustakaan, Kepuasan Pengguna, Layanan Perpustakaan, Kesenjangan (Gap) PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Perpustakaan KW - Kepuasan Pengguna KW - Layanan Perpustakaan KW - Kesenjangan (Gap) M1 - masters TI - ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN KENYATAAN ?Studi Kasus pada Perpustakaan Politeknik Neger AV - restricted EP - 166 ER -