%A MISS TOI-IBAH BUNGOHNGAEH - NIM. 03390517 %O b Pembimbing I : /b H. Syafiq M. Hanafi, S.Ag, M.Ag., b Pembimbing II : /b Sunaryati, S.E., M.Si. %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI IBNU AFFAN DI WILAYAH YALA THAILAND SELATAN 2007 %X ABSTRAK Kualitas pelayanan adalah harapan konsumen tentang pelayanan dan persepsi yang mereka terima yang berhubungan dengan produk jasa manusia, proses dan lingkungan. Sedangkan kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Pelayanan yang baik sangat diperlukan pada koperasi Ibnu Affan guna menarik anggota baru maupun mempertahankan anggota lama. Pelayanan bisa dikatakan berhasil apabila anggota merasa puas dengan kinerja sebuah koperasi Ibnu Affan Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota di koperasi Ibnu Affan. Variabel kualitas pelayanan dijelaskan melalui lima dimensi, yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi Ibnu Affan yang berjumlah 450 dengan sampel 71 orang. Data dari angket diolah dengan menggunakan SPSS For Windows Release 11.5. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan teknik regresi berganda. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa variabel tangible, reliability, dan responsiveness secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota koperasi Ibnu Affan. Sedangkan untuk variabel assurance dan emphaty masing-masing berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan anggota koperasi Ibnu Affan. Untuk hasil pengujian dengan uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung = 14,312 dan F table = 2,36 dan nilai signifikansi (0,00) lebih kecil dari nilai alpha (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel kepuasan anggota. %K Kualitas pelayanan, kepuasan anggota, tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1576