TY - THES N1 - Pembimbing : Yandra Rahadian Perdana, M.T. ID - digilib15767 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15767/ A1 - HURUN?IN, NIM. 10660003 Y1 - 2015/01/26/ N2 - Berbagai usaha dilaksanakan pemerintah dalam memajukan potensi bangsa agar dapat mendunia di era globalisasi, salah satunya adalah dengan meningkatkan devisa pada sektor pariwisata. Usaha dalam meningkatkan pelayanan pada konsumen juga harus dilakukan pada sektor mikro agar saling mendukung antara usaha pemerintah dan hotel-hotel yang memberikan pelayanan secara langsung kepada wisatawan. Usaha dalam meningkatkan pelayanan dapat dilihat pada kasus di salah satu hotel yaitu Hotel Grand Rosela Yogyakarta yang termasuk hotel bintang 1 yang mempunyai rencana diajukan naik level menjadi hotel bintang 2. Banyaknya komplain atau keluhan dari para tamu menjadikan aspek layanan (service) masih diragukan. Aspek service menjadi aspek sorotan untuk diadakan perbaikan. Importance Performance Analysis (IPA) membandingkan antara harapan dengan kinerja dalam mengukur kepuasan konsumen suatu perusahaan. Analisis tingkat harapan dan kepuasan konsumen dapat menghasilkan suatu diagram kartesius yang dapat menunjukkan letak faktor-faktor atau unsur-unsur yang dianggap mempengaruhi kepuasan pelanggan dimana dalam diagram kartesius tersebut faktorfaktor akan dijabarkan dalam empat diagram. Artibut dimensi kualitas yang diprioritaskan untuk diadakan penanganan berada dalam kuadran 1 (atribut kritis). Untuk mengidentifikasi penyebab ketidakpuasan maka dilakukan analisis diagram fishbone terhadap atribut kritis. Hasil pengolahan dan analisis data dengan metode IPA, pelayanan yang selama ini diberikan oleh staf hotel di Hotel Grand Rosela bagi pelanggan lokal maupun non lokal sebesar 59% sudah berkinerja tinggi. Terdapat hanya 2 atribut yang belum memenuhi harapan pelanggan dan harus diprioritaskan untuk dilakukan peningkatan pelayanan yaitu perbaikan pelayanan dalam proses administrasi dan perbaikan pelayanan dalam penanganan masalah yang dialami oleh tamu. Setelah dilakukannya perbaikan pada atribut kritis secara bertahap diharapkan nilai kepuasan dapat meningkat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan KW - Service Quality KW - Hotel KW - Importance Performance Analysis KW - Diagram Fishbone KW - Atribut Kritis. M1 - skripsi TI - PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENGETAHUI TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE PERFORMANCE IMPORTANCE ANALYSIS DAN FISHBONE CHART (HOTEL GRAND ROSELA YOGYAKARTA) AV - restricted ER -