<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif"^^ . "Proses belajar mengajar pendidikan agama Islam pada lembaga formal\r\nsalah satunya yang ada di madrasah aliyah tidak lain untuk mengarahkan\r\nperubahan diri baik secara pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.\r\nPembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi antara guru dan\r\nsiswa. Media pembelajaran turut mendukung kelancaran komunikasi yang\r\ndilakukan. Tingkat kompetensi pedagogik yang dimiliki guru juga turut andil\r\nsukses dan tidaknya penguasaan siswa dalam memahami setiap materi pelajaran\r\nPAI. Madrasah aliyah sebagai sekolah berciri khas Islam berupaya meningkatkan\r\nkualitas pembelajaran dengan menerapkan media dalam pembelajaran PAI. Guru\r\nPAI di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif\r\nBorobudur telah menerapkan media dalam pembelajaran untuk membantu dalam\r\npenyampaian materi pelajaran. Maka dari itu, penelitian ini terkait dengan\r\nKemampuan Guru PAI MA dalam mengembangkan media pembelajaran (Studi\r\nKasus di MAN Magelang, MA Al-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif\r\nBorobudur), dengan rumusan masalah, bagaimana kemampuan guru PAI di MAN\r\nMagelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur dalam\r\nmerencanakan, memroduksi, dan mengevaluasi media pembelajaran yang sesuai\r\ndengan materi pelajaran, bagaimana pemanfaatan mediaoleh guru PAI di MAN\r\nMagelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur dalam\r\npembelajaran, dan bagaimana dampak penggunaan media pembelajaran bagi\r\npartisipasi siswa di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA\r\nMa’arif Borobudur.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini adalah\r\npenelitian lapangan yang bersifat deskriptif-analitik. Pendekatan yang digunakan\r\nadalah pendekatan teknologik.Penentuan subyek penelitian digunakan teknik\r\nsampel purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Dalam penyajian data dengan menggunakan\r\nanalysis interactif model dari Miles dan Huberman.\r\nDari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Kemampuan guru PAI\r\nketiga madrasah tersebut dalam merencanakan, memroduksi, dan mengevaluasi\r\nmedia pembelajaran telah terstruktur dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur.\r\nDalam pembuatan media pembelajaran lebih didasarkan pada perencanaan\r\npembelajaran yang dibuat oleh guru PAI sebelum mengajar.Guru PAI MAN\r\nMagelang dalam pembuatan media pembelajaran lebih kepada media berbasis\r\nteknologi, walaupun selain itu juga membuat media lain yang sederhana yaitu\r\npuzzle. Guru PAI MA AL-Iman Margoyoso Salaman, pembuatan media\r\npembelajaran memperhatikan tahapan-tahapan yang sesuai dengan prosedur yang\r\nada. Walaupun karena terkendala oleh fasilitas yang terbatas dan baru saja\r\nmengampu mata pelajaran tersebut tidak lantas membuat guru PAI tersebut\r\nmenyerah dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dengan media pembelajaran yang sederhana. Seperti yang dilakukan oleh guru SKI dan Fiqih\r\nMA AL-Iman Margoyoso Salaman yaitu dengan memanfaatkan media papan tulis\r\ndengan maksimal.Sedangkan media berbasis teknologi lebih banyak digunakan\r\noleh guru Al-Qur’an Hadist dan Akidah Akhlak. Selanjutnya guru PAI MA\r\nMa’arif Borobudur dalam pembuatan media pembelajaran juga sudah tersetruktur\r\ndan sesuai dengan prosedur yang ada. Guru PAI MA Ma’arif Borobudur lebih\r\nbanyak menggunakan media berbasis teknologi seperti powerpoint dalam\r\nmembantu proses belajar mengajar. 2) Pemanfaatan media oleh guru PAIketiga\r\nmadasah tersebut dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan fasilitas yang\r\ntersedia di madrasah dan dapat memilih media yang sesuai dengan pembelajaran\r\nyang dilangsungkan. Guru PAI MAN Magelang memanfaatkan labolatorium\r\nagama dan fasilitas madrasah lainnya dalam menunjang pembelajaran PAI.\r\nSedangkan guru PAI MA AL-Iman Margoyoso Salaman dalam memanfaatkan\r\nfasilitas yang ada terkendala oleh ketersediaan yang terbatas tidak lantas membuat\r\nberhenti untuk berinovasi dalam pembelajaran. Guru PAI di MA tersebut\r\nmemiliki trik tersendiri untuk mensiasati keterbatasan tersebut. Sehingga fasilitas\r\nyang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Walaupun pemilihan media\r\npembelajaran terbatas, akan tetapi guru PAI mampu mensiasatinya dengan baik.\r\nSelanjutnya guru PAI MA Ma’arif Borobudur dalam memanfaatkan fasilitas yang\r\ntersedia di madrasah dengan memanfaatkan fasilitas dengan maksimal. Pemilihan\r\nmedia dalam pembelajaran PAI yang dilangsungkan dapat dilakukan dengan baik.\r\n3) Dampak yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran bagi partisipasi\r\nsiswa ketiga madrasah tersebut dapat berpengaruh positif. Siswa pada ketiga\r\nmadrasah tersebut merasa lebih antusias, semangat, memiliki rasa ingin tahu yang\r\ntinggi, mudah memahami pelajaran, dan lebih tertarik pembelajaran dengan\r\nmenggunakan media.\r\nKata Kunci : Kemampuan guru, Pengembangan Media Pembelajaran"^^ . "2014-12-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM 1220410037"^^ . "APRILIA FIA ERFIANI"^^ . "NIM 1220410037 APRILIA FIA ERFIANI"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Text)"^^ . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #15773 \n\nKEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .