@phdthesis{digilib15786, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10670032 IKE AYUHANNA}, year = {2015}, note = {Pembimbing : Endaruji Sedyadi, M.Sc.}, keywords = {Kunci: pengembangan sumber belajar, ensiklopedia, hidrokarbon dan minyak bumi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15786/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Ensiklopedia Hidrokarbon dan Minyak Bumi sebagai Sumber Belajar Mandiri dan mengetahui kualitas produk Ensiklopedia Hidrokarbon dan Minyak Bumi sebagai Sumber Belajar Mandiri berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D. Tahap penelitian ini terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan), namun tahap disseminate (penyebarluasan) tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk ensiklopedia ditinjau oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Penilaian kualitas ensiklopedia dilakukan oleh 4 pendidik kimia SMA/MA dan 8 respon peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala 1-5 yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian kualitas produk meliputi aspek komponen materi, aspek komponen penyajian, aspek komponen bahasa, aspek komponen gambar, dan aspek penampilan ensiklopedia. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah ke data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk mengetahui kualitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk ensiklopedia yang dikembangkan menurut pendidik kimia SMA/MA mempunyai kualitas sangat baik. Skor rata-rata yang diperoleh 97,25 dari skor rata-rata ideal 115 dan presentase keidealan 84,56. Berdasarkan hasil penilaian kualitas tersebut, maka Ensiklopedia Hidrokarbon Minyak Bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri.} }