%0 Thesis %9 Skripsi %A ISNAINI ARIFAH, NIM. 10670035 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:15787 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata Kunci: metode pembelajaran, mind map, kreativitas, prestasi belajar %T PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15787/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap kreativitas dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Karanganom tahun ajaran 2013/2014 pada materi pokok konsep mol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the static group pretest-postest design. Pengambilan sampel yang dilakukan secara sampling acak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala likert dan tes yaitu pre test dan post test untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Analisis data kreativitas dan prestasi belajar menggunakan uji prasyarat uji normalitas, dan uji homogenitas, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Uji normalitas data kreativitas peserta pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,137 dan 0,200, sedangkan pada data post test sebesar 0,069 dan 0,120. Uji homogenitas pada data kreativitas peserta didik sebesar 0,160, sedangkan data pos test sebesar 0,187. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh pada data kreativitas yaitu sebesar 0,043 < α = 0,05, maka Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh mind map terhadap kreativitas. Hasil uji t post test pada data prestasi belajar peserta didik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,041 < α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode mind map terhadap kreativitas dan prestasi belajar peserta didik. %Z Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.