%0 Thesis %9 Skripsi %A SARI EKA PRATIWI, NIM. 10680013 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:15791 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata Kunci: Kombinasi Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Sel. %T PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)- TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15791/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon pada materi Struktur dan Fungsi Sel. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)-Teams Games Tournament (TGT) dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Alat pengumpulan data adalah tes dan angket motivasi belajar.Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample t-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian untuk data motivasi belajar siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U-testsebesar 0,003 (p <0,05) sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi pada uji independent sample t-testuntuk data hasil belajar pada aspek kognitif siswa sebesar 0,044 (p <0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)- Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa. %Z Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.