%A NIM. 10680014 NINDY GUSTIN SEMBADA PUTRI %O Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si %T PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DILENGKAPI SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap keaktifan belajar biologi dan mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ibnul Qoyyim Putri tahun ajaran 2013/2014. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupa tes dan angket (quesioner). Teknik analisis data untuk hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan uji t dan untuk keaktifan belajar siswa menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Demikian pula hasil belajar pada aspek kognitif terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan p-value < 0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Think-Talk-Write (TTW) dilengkapi snowball drilling berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester II di MTs Ibnul Qoyyim Putri materi gerak pada tumbuhan. %K Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk-Write, Snowball Drilling, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib15792