TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si ID - digilib15822 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15822/ A1 - MUDRIKAH FADLILASARI, NIM. 09690037 Y1 - 2015/01/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar fisika berbasis open-ended problem sebagai sarana berpikir kreatif siswa SMA/MA yang berkualitas melalui proses pengembangan, (2) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar validasi bahan ajar, skala penilaian, tes uji rumpang, dan skala respon siswa. Penilaian kualitas bahan ajar dan respon siswa menggunakan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar fisika berbasis open-ended problem sebagai sarana berpikir kreatif siswa SMA/MA kelas X semester genap dengan kualitas baik dengan tingkat keterbacaan bahan ajar termasuk dalam kriteria sedang. Siswa setuju terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil ini memberi harapan bahwa bahan ajar akan dapat memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif siswa SMA/MA dalam proses pembelajaran fisika. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - KATA KUNCI: bahan ajar KW - open-ended problem KW - berpikir krea M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA AV - restricted ER -