%A NIM. 1120430008 DWI HASTUTI %O PEMBIMBING: DR. MAKSUDIN, M.Ag. %T PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURRAHMAN BANGUNTAPAN BANTUL %X Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki program pembelajaran yang terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Agar tercapai tujuan dengan baik, perlu ada sinergitas antara sekolah dan orang tua. Materi penanaman nilai agama yang telah diberikan di sekolah harus ada keberlanjutan di rumah melalui penciptaan suasana yang kondusif agar nilai agama dapat terinternalisasi dalam diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apa saja nilai-nilai agama yang ditanamkan kepada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman, (2) mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam proses penanaman nilai-nilai agama kepada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman, (3) mengetahui dampak psikologis penanaman nilai-nilai agama bagi anak didik di RA Tahfidz al- Qur’an Jamilurrahman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang mengambil latar di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman Banguntapan Bantul. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama kepada anak didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan psikologi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah; pertama, nilai-nilai agama yang ditanamkan di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman adalah nilai keimanan/aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Ketiga nilai tersebut terperinci dalam beberapa materi, yaitu Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Do’a Harian, Siroh dan Bahasa Arab. Sedangkan Tahfidz al-Qur’an merupakan program yang menjadi unggulan di RA ini. Kedua, metode yang diterapkan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode hukuman, metode bercerita, metode karya wisata, dan metode eklektik. Adapun metode bernyanyi yang menjadi salah satu metode yang banyak digunakan di sekolah-sekolah TK, tidak digunakan di RA ini. Ketiga, ditinjau dari efektifitas dan keberhasilan penanaman nilainilai agama pada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman yang telah diupayakan dengan berbagai kegiatan pembelajaran dan program yang ada di sekolah, mampu mewujudkan pribadi anak yang baik. Hal ini terlihat dari dampak psikologis yang dialami anak didik, dengan munculnya kesadaran anak dalam menerapkan perilaku Islami dan melakukan ibadah (sholat fardhu, muroja’ah hafalan, dll) baik di rumah maupun di sekolah. Anak juga mampu melakukan amar ma’ruf nahi munkar kepada orang lain di lingkungan sekolah maupun rumah. Kata Kunci: Penanaman nilai-nilai agama, anak usia dini, RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman %K Penanaman nilai-nilai agama, anak usia dini, RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib15829