relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15830/
title: PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA
creator: FITRIA DIAN AYU RACHMAWATI, NIM 1220411204
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Penelitian tentang prestasi belajar Bahasa Arab ini bertujuan untuk  mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi  belajar Bahasa Arab; (2) pengaruh nilai tahfidz terhadap prestasi belajar Bahasa  Arab; (3) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan nilai tahfidz secara  simultan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain  asosiatif dalam melakukan eksplanasi objek penelitian tentang variabel  dependen/kriterium atas variabel independen/prediktor. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Suronatan yang terdaftar pada tahun  ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data  variabel persepsi siswa tentang kinerja guru menggunakan metode kuesioner,  sedangkan nilai tahfidz dan prestasi belajar Bahasa Arab menggunakan  dokumentasi. Instrumen berupa kuisioner yang dikembangkan terlebih dahulu  diujicoba untuk mendapatkan informasi mengenai validitas dan reliabilitasnya.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi siswa tentang  kinerja guru dan nilai tahfidz secara bersama-sama berpengaruh positif dan  signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Secara bersama-sama kedua  variabel berkontribusi efektif sebesar 16,0%, di mana nilai tahfidz yang ternyata  lebih mendominasi. Prestasi belajar Bahasa Arab yang diraih siswa semakin  memuaskan apabila lebih banyak hafal al-Qur’an minimal juz ke-30 dan  diimbangi peningkatan kinerja guru. Kedua, persepsi siswa tentang kinerja guru  berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab.  Kontribusi atau sumbangan efektif variabel persepsi siswa tentang kinerja guru  sebesar 7,9% ketika nilai tahfidz tidak berubah/konstan. Apabila kinerja guru  makin tinggi, meskipun hafalan al-Qur’an tidak berubah, tetap mampu  meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab yang siswa raih. Ketiga, nilai tahfidz  perpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Hafalan  al-Qur’an (tahfidz) memiliki kontribusi efektif sebesar 8,1% ketika persepsi siswa  tentang kinerja guru konstan. Apabila hafalan al-Qur’an siswa makin banyak,  meskipun kinerja guru dipersepsikan tidak berubah, tetap mampu meningkatkan  prestasi belajar Bahasa Arab.  Kata kunci: prestasi belajar Bahasa Arab, kinerja guru, dan nilai tahfidz
date: 2014-09-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15830/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15830/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   FITRIA DIAN AYU RACHMAWATI, NIM 1220411204  (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.