TY  - THES
N1  - PEMBIMBING: Prof. Dr. Ki Supriyoko, S.D.U., M.Pd.
ID  - digilib15830
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15830/
A1  - FITRIA DIAN AYU RACHMAWATI, NIM 1220411204
Y1  - 2014/09/22/
N2  - Penelitian tentang prestasi belajar Bahasa Arab ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi
belajar Bahasa Arab; (2) pengaruh nilai tahfidz terhadap prestasi belajar Bahasa
Arab; (3) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan nilai tahfidz secara
simultan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain
asosiatif dalam melakukan eksplanasi objek penelitian tentang variabel
dependen/kriterium atas variabel independen/prediktor. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Suronatan yang terdaftar pada tahun
ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data
variabel persepsi siswa tentang kinerja guru menggunakan metode kuesioner,
sedangkan nilai tahfidz dan prestasi belajar Bahasa Arab menggunakan
dokumentasi. Instrumen berupa kuisioner yang dikembangkan terlebih dahulu
diujicoba untuk mendapatkan informasi mengenai validitas dan reliabilitasnya.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi siswa tentang
kinerja guru dan nilai tahfidz secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Secara bersama-sama kedua
variabel berkontribusi efektif sebesar 16,0%, di mana nilai tahfidz yang ternyata
lebih mendominasi. Prestasi belajar Bahasa Arab yang diraih siswa semakin
memuaskan apabila lebih banyak hafal al-Qur?an minimal juz ke-30 dan
diimbangi peningkatan kinerja guru. Kedua, persepsi siswa tentang kinerja guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab.
Kontribusi atau sumbangan efektif variabel persepsi siswa tentang kinerja guru
sebesar 7,9% ketika nilai tahfidz tidak berubah/konstan. Apabila kinerja guru
makin tinggi, meskipun hafalan al-Qur?an tidak berubah, tetap mampu
meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab yang siswa raih. Ketiga, nilai tahfidz
perpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Hafalan
al-Qur?an (tahfidz) memiliki kontribusi efektif sebesar 8,1% ketika persepsi siswa
tentang kinerja guru konstan. Apabila hafalan al-Qur?an siswa makin banyak,
meskipun kinerja guru dipersepsikan tidak berubah, tetap mampu meningkatkan
prestasi belajar Bahasa Arab.
Kata kunci: prestasi belajar Bahasa Arab, kinerja guru, dan nilai tahfidz
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - prestasi belajar Bahasa Arab
KW  -  kinerja guru
KW  -  dan nilai tahfidz
M1  - masters
TI  - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA
AV  - restricted
ER  -