<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID)"^^ . "Al-Qur’an sebagai wahyu ilahi yang diturunkan Allah kepada umat\r\nmanusia, sebagai kitab terakhir artinya al-Qur’an juga tetap relevan melakukan\r\nperannya berupa petunjuk pada kehidupan saat ini akhir dunia kelak (al-Qur’ān\r\nṣālih likulli zamān wa makān). Dari sini, tentu saja dapat menegaskan bahwa\r\nterdapat respon atau bahkan solusi yang diberikan al-Qur’an atas permasalahanpermasalahan\r\numat manusia, khususnya isu-isu mengenai tantangan umat manusia\r\nmenyikapi modernitas.\r\nNurcholish Madjid merupakan intelektual Muslim yang sarat kontroversi\r\nlewat gagasan pembaharuannya. Di satu sisi ia menyadarkan bahwa kemunduran\r\numat Islam Indonesia karena tidak mau menerima kemodernan, untuk itulah ia\r\nmenawarkan konsep sekularisasi. Baginya, sekularisasi berbeda dengan\r\nsekularisme, sebaliknya sekularisasi merupakan implementasi dari ajaran Islam\r\ndengan ajaran monoteismenya yaitu menyembah semata-mata kepada Allah\r\n(tauhid). Di sisi lain, Nurcholish juga mengutip beberapa ayat al-Qur’an untuk\r\nmenunjukkan relevannya sekularisasi sebagai agenda pembaruan bagi umat Islam.\r\nMenjadi problema tersendiri ketika ia dikritisi akibat gagasannya itu oleh\r\nbeberapa intektual Muslim lainnya.\r\nSkripsi ini berjudul “Al-Qur’an dan Sekularisasi (Studi Kritis Atas\r\nPenafsiran Nurcholish Madjid).” Permasalahan pokok yang dijawab adalah:\r\nPertama, bagaimanakah penafsiran Nurcholish Madjid terhadap ayat-ayat al-\r\nQur’an tentang sekularisasi? Kedua, apa implikasi penafsiran Nurcholish Madjid\r\nterhadap ayat-ayat al-Qur’an tentang sekularisasi? Ketiga, apa kritik terhadap\r\npenafsiran Nurcholish Madjid? Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis dengan\r\npendekatan historis dan pendekatan hermeneutika. Penelitian ini berusaha\r\nmemaparkan atau memberi gambaran gagasan sekularisasi Nurcholish Madjid.\r\nHasil dari penelitian ini di antaranya. Pertama, dalam hal menafsirkan\r\nayat-ayat al-Qur‟an tentang sekularisasi Nurcholish tertuju pada ayat-ayat tentang\r\npentingnya kehidupan duniawi. Hal itu merupakan tujuan pokok gagasan\r\nsekularisasinya, karena umat Muslim tidak mampu dalam membedakan nilai-nilai\r\nyang transedental dan temporal. Selain itu, penafsirannya tertuju pada ayat-ayat\r\ntentang pentingnya rasionalisasi. Nurcholish menginginkan umat Muslim untuk\r\nmenggunakan rasio (akal) yang besar untuk memecahkan masalah-masalah dunia.\r\nKarena penggunaan akal akan mempengaruhi penerimaan dan pengembangan\r\nilmu pengetahuan. Kedua, Pancasila sebagai kalimah sawā’ atau common\r\nplatform dalam QS Ali „Imrān (3): 64 merupakan hasil negosiasi penafsiran\r\nNurcholish Madjid dengan mendialektiskan antara keislaman, kemodernan, dan\r\nkeindonesiaan yang bertolak dari dua gagasannya, yaitu “Teologi Inklusif” dan\r\n“Apologi Negara Islam dan Agenda Keadilan Sosial. Ketiga, mengacu pada teori\r\nhermeneutika E. Betti, penafsiran yang ia inginkan adalah objektif. Namun, yang\r\nia tunjukkan malah mencerminkan sebaliknya, yaitu unsur subjektivitas yang\r\ndominan, seperti yang telah digagas oleh Hans G. Gadamer yaitu unsur-unsur\r\nkepentingan dan prapemahaman. Sekularisasi sebagai bagian dari prapemahaman\r\nmasih menjadi polemik, sehingga kiranya Nurcholish menangguhkan istilah itu."^^ . "2015-02-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10530034"^^ . "FAJAR ROMADLON AT-TUHRY"^^ . "NIM. 10530034 FAJAR ROMADLON AT-TUHRY"^^ . . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Text)"^^ . . . . . "10530034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Text)"^^ . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "AL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15835 \n\nAL-QUR’AN DAN SEKULARISASI (STUDI KRITIS ATAS PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .