@phdthesis{digilib15838, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA POKOK BAHASAN PEMANFAATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) UNTUK SISWA SMP/MTs}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10690005 SUNAJI}, year = {2015}, note = {Pembimbing : Joko Purwanto, M. Sc}, keywords = {Kata kunci: Buku suplemen, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), integrasi-interkoneksi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15838/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku suplemen berbasis integrasi-interkoneksi pada pokok bahasan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tanaga Nuklir (PLTN) untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui kualitas buku suplemen yang dihasilkan, (3) mengetahui respon siswa SMP/MTs terhadap buku suplemen yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian R\&D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedural penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknov dengan melibatkan 5 langkah utama, yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMP Ali Maksum Krapyak. Subyak uji coba dalam penilitian ini adalah 10 siswa kelas VIII C pada uji coba terbatas, 19 siswa kelas VIII B dan 8 siswa kelas VIII C dari SMP Ali Maksum Krapyak serta 33 siswa kelas VIII F dari MTs N 2 Yogyakarta pada uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lembar kritik dan saran untuk validator, lembar penilaian, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) buku suplemen berbasis integrasiinterkoneksi pada pokok bahasan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tanaga Nuklir (PLTN) untuk siswa SMP/MTs, (2) kualitas buku suplemen berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi dan guru IPA SMP/MTs secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik (B) dengan presentase keidealan masing-masing sebesar 83,33\%, 87,50\%, 81,67\%, dan 70,31\%, (3) respon siswa SMP Ali Maksum Krapya dan MTs N 2 Yogyakarta terhadap buku suplemen yang dikembangkan memiliki kategori sangat setuju (SS) pada tahap uji coba terbatas dan uji coba lapangan, dengan presentase keidealan masing-masing 89\% dan 82\%.} }