TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag. ID - digilib15901 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15901/ A1 - CHORIS WAHYUNI, NIM 1320410074 Y1 - 2015/02/20/ N2 - Mahasiswa PBA sebagai calon pendidik Bahasa Arab idealnya memiliki kemahiran bahasa dengan baik. Namun banyak ditemukan kesalahan berbahasa pada mahasiswa. Bahasa ibu yang dimiliki mahasiswa diduga menjadi pengaruh dalam bahasa produktif mahasiswa yang lazim disebut dengan interferensi bahasa. Oleh karena itu penulis mencoba menganalisis interferensi bahasa pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis interferensi dalam mah?rah kal?m dan kit?bah pada pada Mahasiswa PBA UIN Walisongo Semarang dan untuk mengetahui penyebab interferensi dalam mah?rah kal?m dan kit?bah. Penelitian ini merupakan studi kasus termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni kepustakaan, observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini setelah dilakukan pengumpulan data, maka data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan strategi verifikasi. Penelitian ini menggunakan teori interferensi bahasa selain itu juga digunakan analisis kesalahan ta?l?l al-akh?a? untuk menemukan interferensi yang terjadi pada mah?rah kal?m dan kit?bah. Hasil yang diperoleh adalah pertama, interferensi yang terjadi pada mahasiswa PBA UIN Walisongo terkait dalam berbagai tataran kebahasaan baik fonologi, morfologi, sintaksis, leksikal maupun semantis. Peneliti fokus pada interferensi terkait struktural bahasa saja aspek fonologi, morfologi dan sintaksis. Pada aspek fonologi terdapat pada aspek pergantian vokal, pergantian konsonan, penambahan konsonan, dan pengurangan vocal. Sedangkan pada aspek morfologi terdapat pada kesalahbentukan fi?il menjadi ma?dar dan sebaliknya, jama? menjadi mufrad, fi?il ma?i menjadi isim maf?ul, penghilangan harfu ziyadah, lam dan alif, penghilangan hamzah wa?al, konsonan rangkap, Pemajemukan, Penambahan ya? mutakallim, alif dan wau dan reduplikasi, dan pergantian huruf. Pada tataran sintaksis interferensi terjadi pada aspek Kesalahbentukan isim, fi?il dan huruf, frasa, idiom. kesalahurutan kata, frasa, penambahan fi?il, maf?ul, ?araf, huruf jar yang tidak tepat, penghilangan ma?dar, mubtada?, penanda muanna?, tanda al, tanda jama?, maf?ul bih, an ma?dariyyah, huruf, pergantian huruf jar yang kurang tepat. Kedua faktor penyebab interferensi bahasa dalam mah?rah kal?m dan kit?bah pada mahasiswa PBA UIN Walisongo adalah jarangnya pemakaian bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan akan sinonim, terbawanya kebiasaan dalam bahasa ibu, perbedaan antara bahasa sumber dan bahasa sasaran dan Intralingual transfer. Berdasarkan data interferensi yang di dapat oleh penulis, ditemukan bahwa faktor perbedaan signifikan antara Bahasa ibu dan bahasa Arab lah yang paling berperan dalam interferensi bahasa pada mahasiswa PBA UIN Walisongo. Penelitian ini dapat dijadikan acuan oleh dosen PBA UIN Walisongo khususnya dan pengajar Bahasa Arab pada umumnya untuk mengajarkan Bahasa Arab yang benar tanpa mengalami interferensi Bahasa. Materi yang diajarkan bisa lebih ditekankan pada kesalahan gramatikal yang sering dialami mahasiswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Bahasa KW - maharah kalam M1 - masters TI - INTERFERENSI BAHASA DALAM MAH?RAH KAL?M DAN KIT?BAH STUDI ANALISIS PADA MAHASISWA PBA UIN WALISONGO SEMESTER V TAHUN 2014 AV - restricted EP - 209 ER -