eprintid: 15922 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/59/22 datestamp: 2015-05-04 01:41:20 lastmod: 2015-05-04 01:41:20 status_changed: 2015-05-04 01:41:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROVI WIJANARKO, NIM. 10390039 title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: KB divisions: jur_kei full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Loyalitas , Kualitas Pelayanan , Costumer Dilight (Kegembiraan Pelanggan) note: PEMBIMBING : 1. Sunarsih, SE., M.Si. 2. M. Ghafur Wibowo, SE., M.Sc. abstract: Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan salah satu bagian dari lembaga keuangan Islam yang turut berperan bagi kemajuan sektor riil. Lembaga keuangan Islam didirikan dengan tujuan mempromosikan dan mengembangkan penerapan prinsip-prinsip Islam, syariah, dan tradisinya ke dalam transaksi keuangan dan perbankan serta bisnis yang terkait. Kehadiran BMT pada khususnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas usaha ekonomi bagi kesejahteraan anggota, dan masyarakat pada umumnya. Pada dasarnya BMT dapat dikatakan sebagai usaha bisnis berupa BMT Mitra Artha Syariah telah memiliki mitra-mitra usaha yang senantiasa loyal dengan jasa keuangan yang diberikan olah BMT Mitra Artha Syariah. Meskipun telah banyak lembaga keuangan sejenis, bahkan lembaga keuangan perbankan umum yang diketahui memiliki kapasitas modal yang lebih besar, situasi tersebut tidak menyurutkan sikap kesetiaan mitra untuk tetap menggunakan jasa permodalan dari BMT Mitra Artha Syariah, terutama jasa permodalan produktif. Fakta ini menjadi penting untuk diteliti mengingat BMT Mitra Artha Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang memberlakukan sistem kredit sangat selektif kepada setiap mitra yang akan mengajukan modal pembiayaan. Namun demikian, banyak mitra yang justru tetap loyal meskipun sistem tersebut telah sejak lama diberlakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data yang diperoleh berasal dari 97 kuestioner yang disebar kepada mitra BMT Mitra Artha Syariah dengan teknik purposive sampling. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas pelayanan dengan 5 indikator yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles. Dan variabel selanjutnya adalah costumer dilight (kegembiraan anggota) dengan 3 indikator yaitu Justice (keadilan), Esteem (penghargaan), Finishingtouch (sentuhan akhir). Sedangkan loyalitas adalah variabel dependen. Untuk memperjelas pengaruh variabel, data yang diperoleh dianalisis mengunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi R square menunjukan angka 0.147, hal ini berarrti variabel dependen ( loyalitas mitra BMT) dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan costumer dilight (kegembiran pelanggan) sebesar 14,7% dan sebesar 85, 3 % di pengaruhi oleh variabel – variabel lain . Secara parsial berdasarkan uji t variabel kualitas pelayanan dan costumer dilight menunjukkan hasil positif dan signifkan terhadap loyalitas . berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,001. Hal ini berarti variabel dependen (loyalitas mitra BMT) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (kualitas pelayanan dan costumer dilight) . date: 2015-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ROVI WIJANARKO, NIM. 10390039 (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15922/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15922/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf