TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA ID - digilib15943 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15943/ A1 - FULAN PUSPITA, NIM 1320411212 Y1 - 2015/02/20/ N2 - Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari arus globalisasi yang membuat manusia tuna karakter (berkarakter baiklemah, jelek-kuat, jelek-lemah). Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya pembiasaan dan keteladanan dalam membentuk karakter. Dalam hal ini, pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan berperan besar dalam mewujudkan sebuah revolusi moral dan karakter spiritual dalam dunia pendidikan dan menyodorkan kepada semua umat muslim yang beriman bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus kepada perbuatan-perbuatan negatif yang sangat memprihatinkan. Dari alasan di atas, peneliti tertarik meneliti pembentukan karakter beerbasis pembiasaan dan keteladanan di MTsN Yogyakarta I karena di MTsn Yogyakarta I telah terlihat keberhasilannya dalam membentuk karakter peserta didiknya. Adapun tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengetahui, menjelaskan pembentukan karakter peserta didik berbasis pembiasaan di MTsN Yogyakarta I. Kedua, untuk mengetahui dan menjelaskan pembentukan karakter peserta didik berbasis keteladaan di MTsN Yogyakarta I. Ketiga, untuk mengetahui keberhasilan dari pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di MTsN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan mengunakan teknik anakisa data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter berbasis pembiasaan di MTsN Yogyakarta I dilakukan dengan berbagai kegiatan, yaitu: (1) Kegiatan rutin, yang terdiri dari: salam dan salim, membaca do?a sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus bersama di kelas, shalat jama?ah, menghafal al- Qur?an (khusus kelas Tahfidz), upacara, piket kelas, dan senam. (2) Kegiatan spontan, seperti kegiatan PHBI (peringatan tahun baru Islam). (3) Pengkondisian, yang terdiri dari: kegiatan menata lingkungan fisik dan kegiatan pengkondisian non fisik. Pembentukan karakter berbasis keteladanan terbagi menjadi dua: (1) keletadanan disengaja, yang terdiri dari: keteladanan dalam melaksanakan ibadah, menjaga kebersihan, dan kedisiplinan, dan (2) keteladanan tidak disengaja, yang terdiri dari: bersikap ramah, sopan, dan santun. Keberhasilan pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan yang dapat melahirkan karakter, seperti: (1) meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik, (2) meningkatkan keimanan (religius), (3) merubah sikap (akhlakul karimah), (4) meningkatkan kegemaran membaca dan (5) meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Kata kunci: Pembentukan Karakter, Pembiasaan dan Keteladanan PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembentukan Karakter KW - Pembiasaan dan Keteladanan M1 - masters TI - PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I) AV - restricted EP - 261 ER -