<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)"^^ . "Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui bentuk pengembangan\r\nteknik dan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama\r\nIslam dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013, 2). Untuk mengetahui pelaksanaan\r\npenilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti\r\ndalam kurikulum 2013, 3) Untuk mengetahui dampak kepada siswa baik aspek\r\nsikap, pengetahuan, dan keterampilan dari pelaksanaan penilaian autentik pada\r\nmata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 4) Untuk mengetahui\r\nproblem yang dihadapi guru dalam mengembangkan dan melaksanakan penilaian\r\nautentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam\r\nkurikulum 2013.\r\nJenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Pemilihan\r\nsubyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu guru Pendidikan Agama Islam\r\ndan Budi pekerti kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan\r\nwawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data yaitu: Data\r\nreduction, data display, dan conclusion drawing/verification.\r\nHasil penelitian ini, sebagai berikut:\r\n1. Pengembangan bentuk teknik dan instrumen penilaian autentik pada mata\r\npelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013 di\r\nkelas VIII yaitu:\r\na. Aspek penilaian sikap, meliputi: (1) Teknik observasi instrumennya\r\nmenggunakan lembar observasi yang berupa skala penilaian (rating scale),\r\n(2) Teknik penilaian diri instrumennya menggunakan lembar penilaian diri\r\nberupa checklist dan skala penilaian (rating scale), 3) Teknik penilaian\r\nantarteman instrumennya menggunakan lembar penilaian antarteman\r\nberupa checklist dan skala penilaian (rating scale), (4) Teknik penilaian\r\njurnal instrumennya berupa catatan harian pendidik.\r\nb. Aspek penilaian pengetahuan, meliputi: (1) Teknik tes tertulis\r\ninstrumennya berupa soal uraian disertai kunci jawaban dan pedoman\r\npenskoran, (2) Teknik tes lisan instrumennya berupa daftar pertanyaan, (3)\r\nTeknik penugasan instrumennya tugas pekerjaan rumah.\r\nc. Aspek penilaian keterampilan, meliputi: (1) Teknik penilaian unjuk kerja\r\ninstrumennya menggunakan lembar penilaian unjuk kerja berupa checklist,\r\n(2) Teknik penilaian proyek instrumennya menggunakan lembar proyek\r\nberupa skala penilaian (rating scale), (3) Teknik penilaian portofolio\r\ninstrumennya menggunakan format penilaian portofolio berupa checklist,\r\n(4) Teknik penilaian produk instrumennya menggunakan format penilaian\r\nproduk berupa checklist.\r\n2. Pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam\r\ndan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013 di kelas VIII belum berjalan secara optimal. Hal ini terlihat, guru masih mengeluhkan adanya instrumeninstrumen\r\nyang telah dikembangkannya di dalam RPP tetapi tidak\r\ndilaksanakan sebagaimana mestinya dalam menilai tugas autentik siswa.\r\nSelain itu, cara guru memberikan nilai kepada siswa juga dilakukan secara\r\nlangsung, tanpa terlebih dahulu mengisi instrumen-instrumen yang sudah\r\ndikembangkan atau yang sudah dibuatnya secara sistematis.\r\n3. Dampak pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan\r\nAgama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII, sebagai berikut: Pertama, aspek\r\npenilaian sikap: (a) Siswa semakin berusaha mengintrospeksi diri menjadi\r\npribadi yang lebih baik dari sebelumnya, (b) Siswa semakin jujur, disiplin,\r\nbertanggung jawab, serta berhati-hati dalam bersikap dan berucap, (c) Siswa\r\nsemakin tahu cara bersikap terhadap siapapun, tidak hanya kepada guru, (d)\r\nSiswa semakin tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Kedua, aspek\r\npenilaian pengetahuan: (a) Dapat melatih kemampuan ingatan siswa, (b)\r\nDapat menambah wawasan pengetahuan siswa, (c) Dapat menambah\r\nkemampuan berbahasa, menulis, bahkan kerapian tulisan siswa, (d) Dapat\r\nmenambah penguasaan materi pelajaran, (e) Dapat menambah minat belajar\r\nsiswa, (f) Dapat memberanikan siswa untuk mengemukakan pendapat, (g)\r\nDapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk mencari jawaban dari\r\npertanyaan yang diberikan oleh guru, (h) Dengan membuat pertanyaan dengan\r\n5 W 1 H siswa lebih mudah untuk belajar karena secara tidak langsung siswa\r\nsudah meringkas materi pelajaran. Ketiga, aspek penilaian keterampilan: (a)\r\nSiswa dapat mengembangkan diri dengan tugas-tugas keterampilan yang\r\ndiberikan guru, (b) Siswa dapat melatih keterampilan, kreatifitas, ketelitian,\r\nserta meningkatkan kerajinan, dan kerjasamanya, (c) Siswa lebih berani\r\nberkarya dan berinovasi yang lebih kreatif dan menarik, (d) Pembelajaran\r\nPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tidak membosankan, (e) Dengan\r\npraktek siswa lebih mudah mengingat materi pelajaran Pendidikan Agama\r\nIslam dan Budi Pekerti.\r\n4. Problem yang dihadapi guru dalam mengembangkan dan melaksanakan\r\npenilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi\r\nPekerti dalam kurikulum 2013 kelas VII:\r\na. Problem guru dalam mengembangkan soal atau Instrumen: (1) Guru masih\r\nkesulitan pada penjabaran SKL, KI, KD menjadi indikator instrumen,\r\nsebab harus sesuai dengan kondisi peserta didik, (2) Pilihan-pilihan kata\r\ndalam mengembangkan Instrumen. Solusinya mengatasi problem tersebut\r\ndengan mengadakan Bintek bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi\r\nPekerti oleh sekolah.\r\nb. Problem dalam pelaksanaan penilaian autentik: (1) Guru harus menilai\r\nseluruh siswa satu persatu, (2) Perangkat penilaian individu yang begitu\r\nbanyak berupa format dan lembaran-lembarannya. Sehingga\r\nmenghabiskan banyak kertas dalam pengadaan instrumen, (3) Guru harus\r\nmeneliti apa yang mau dinilai sesuai dengan KD, karena setiap KD\r\npenilaian autentiknya juga berbeda-beda, (4) Guru harus mengisi\r\ninstrumen dan memeriksanya satu persatu sesuai dengan jumlah instrumen\r\nyang dibagikan kepada siswa, (5) Ketika guru mendeskripsikan nilai siswa di dalam laporannya/raport. Solusinya mengatasi problem tersebut: (1)\r\nGuru bekerjasama dengan anak untuk membantu menilai, (2) untuk\r\npenilaian antarteman guru mensiasati bukan satu anak 1 lembar kertas,\r\ntetapi 8 anak itu 1 lembar. Sehingga 1 lembar bisa memuat 16 anak,\r\ndengan rincian 8 anak yang dinilai, dan 8 anak yang menilai temannya. (3)\r\nUntuk penilaian diri, guru berusaha sedikit mungkin mengeluarkan kertas\r\ntetapi targetnya terpenuhi, (4) Guru tidak mengikuti format yang dibuat\r\noleh Dinas tetapi guru mengembangkannya sendiri format instrumen\r\npenilaian autentik.\r\nKata Kunci: Penilaian Autentik, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013"^^ . "2015-02-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320410023"^^ . "KOMARUDDIN, S.PD.I"^^ . "NIM. 1320410023 KOMARUDDIN, S.PD.I"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #15957 \n\nIMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Analisis Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .