%A NIM. 10390169 AHMAD FAIZIN %O PEMBIMBING: 1. Drs.A.Yusuf Khoiruddin., SE.M.Si 2. M.Ghafur Wibowo., SE.,M.Sc %T PENGARUH PERSEPSI TARIF, LOKASI, FASILITAS, PELAYANAN, DAN REPUTASI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT YANG BEROBAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %X Pertumbuhan industri jasa kesehatan yang semakin pesat mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Dengan terjadinya persaingan yang semakin ketat tersebut, maka usaha pemenuhan pembelian jasa (dalam hal ini adalah masyarakat/pasien) merupakan suatu hal yang mutlak untuk dilakukan. Baik buruknya tingkat kualitas pelayanan lembaga kesehatan dipengaruhi oleh tingkat kinerja lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat yang berobat di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Sebagai variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah tarif, lokasi, fasilitas, pelayanan, dan reputasi. Sedangkan sebagai variabel dependen adalah kepuasan masyarakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang yang berobat di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil dari uji regresi ini menyatakan bahwa dari lima variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang berobat di rumah sakit Muhammadiyah adalah pelayanan. Sedangkan empat variabel yang lain tidak berpengaruh. %K Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Tarif, Lokasi, Fasilitas, Pelayanan, dan Reputasi. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib15958