relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15977/
title: INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL
creator: NGATIPAN, NIM. 1220411176
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap dialog berbahasa  Arab oleh beberapa siswa MTs Negeri Rongkop, namun ujaran yang dipakai  adalah ujaran bahasa ibu mereka (bahasa Jawa) dan diikuti dengan pengambilan  beberapa sistem yang berlaku pada bahasa Jawa. Dari fenomena ini penulis  berhipotesa bahwa hal ini terjadi dikarenakan minimnya kosakata bahasa Arab  yang mereka kuasai. Setelah terlebih dahulu melakukan interview dengan guru  yang mengampu Mata Pelajaran Bahasa Arab disana, diketemukan adanya  indikasi-indikasi telah terjadi interferensi dalam proses Pembelajaran Bahasa Arab  oleh para siswa MTs Negeri Rongkop.  Berangkat dari hal diatas, maka dilakukanlah penelitian ini yang  memfokuskan pokok permasalahan pada aspek bentuk-bentuk interferensi dalam  kemahiran Kalam dan Qiraah apa saja yang terjadi di madrasah ini dan faktorfaktor  yang menyebabkan terjadinya interferensi tersebut.  Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali bentukbentuk  interferensi dalam kemahiran Kalam dan Qiraah yang terjadi di MTs  Negeri Rongkop dan faktor-faktor dominan penyebab terjadinya interferensi  diatas. Sedangkan manfaat dari penelitian ini, antara lain untuk menambah  pengetahuan kepada pembaca untuk bisa menyikapi dengan baik bentuk-bentuk  interferensi bahasa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya  interferensi dalam kemahiran Kalam dan Qiraah dan agar dapat menjadi referensi  pada penulisan yang sejenis, khususnya mengenai interferensi bahasa.  Untuk dapat memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan  metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis mendalam (indepth  analysis), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus.  Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk interferensi  yang paling sering muncul adalah interferensi dalam bidang sistem tata bunyi  (fonologi), baik yang berkaitan dengan jeda, intonasi maupun panjang/ pendeknya  pelafalan huruf. Adapun faktor yang paling dominan yang berpotensi  menyebabkan terjadinya interferensi oleh para siswa MTs Negeri Rongkop ada  dua macam, yaitu tipisnya kesetiaan para siswa dalam memakai (sistem) bahasa  kedua dalam hal ini bahasa Arab dan minimnya kosakata dan sinonim/ antonim  yang dikuasai para siswa.
date: 2014-07-21
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15977/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15977/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   NGATIPAN, NIM. 1220411176  (2014) INTERFERENSI DALAM KEMAHIRAN KALAM DAN QIRA'AH SISWA MTs NEGERI RONGKOP GUNUNGKIDUL.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.