eprintid: 16013 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/60/13 datestamp: 2015-05-07 01:26:47 lastmod: 2015-05-07 01:26:47 status_changed: 2015-05-07 01:26:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI KAMILAH, S.PD.I, NIM. 1320431019 title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAYGROUP DAN KINDERGARTEN ANANDA MENTARI CONDONG ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Anak Usia Dini, Multiple Intelligences note: Dr. Karwadi, M.Ag abstract: SITIKAMILAH., Implementasi Pendekatan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Anak Usia DIni di Playgroup dan Kindergarten Ananda Mentari Condongcatur, Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Tema ini dipilih karena pentingnya untuk menerapkan pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran anak usia dini. Kecerdasan Jamak (multiple intelligences) adalah Macam-macam kecerdasan yang ditemukan oleh Howard Gardner, yang terdiri dari Sembilan kecerdasan: visual/spasial, verbal/linguistik, matematis/logika, ketubuhan/kinestetik, musik/irama, antarpribadi, dalam-pribadi, naturalis, dan eksistensialis. Gardner menyatakan bahwa orang dapat “pintar” dengan banyak cara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hasil dari pengembangan pendekatan pembelajaran multiple intelligences. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembangan pembelajaran anak usia dini, terutama dalam pengembangan pendekatan pembelajaran multiple intelligences pada anak usia dini, sekaligus sebagai bahan rujukan untuk Playgroup dan Kindergarten Ananda Mentari Condongcatur maupun masyarakat luas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi. Setelah data didapatkan, selanjutnya penggecekan keabsahan data, kemudian menganalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengembangan strategi pembelajaran multiple intelligences dirancang agar anak-anak tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran di kelas. Beberapa pengembangan startegi pembelajaran multiple intelligence dilakukan menurut gaya belajar anak, bagaimana cara otak anak bekerja serta bersifat Fun dan enganging. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, pengembangan pendekatan pembelajaran multiple intelligences pada anak usia dini di playgroup dan Kindergarten Ananda Mentari, dilakukan dengan cara mengintegrasikan ke dalam materi pembelajaran yang disusun dalam break down kurikulum (garis besar kurikulum) dalam setiap minggunya. Sehingga, dalam satu kegiatan pembelajaran terdapat beberapa multiple intelligences yang berkembang didalamnya. Kedua, pengembangan pendekatan multiple intelligences dilakukan dengan bermain peran, bernyanyi, bercerita, karya wisata, melibatkan anak secara langsung dalam membuat proyek, berdiskusi, outbond, Student-Led Conference dan seterusnya. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan berdampak positif bagi masa depan anak, serta meningkatkan percaya diri anak, sehingga ia bisa berkata “ I can doing, I can try. Kata kunci : Pembelajaran Anak Usia Dini, Multiple Intelligences. date: 2015-02-17 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: SITI KAMILAH, S.PD.I, NIM. 1320431019 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAYGROUP DAN KINDERGARTEN ANANDA MENTARI CONDONG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16013/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16013/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf