<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan penulis melihat pembelajaran\r\ntahfidz yang dilaksanakan pada anak berkebutuhan khusus. Setelah menelaah berbagai\r\nkeutamaan dan manfaat baik keutamaan di dunia maupun akhirat, diketahui bahwa banyak\r\nsekali keutamaan bila tahfidz dijadikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Saat\r\nini jumlah anak berkebutuhan khusus terus meningkat dan perlu keseriusan pemerintah\r\nuntuk menanggulanginya. Bukan hanya pemerintah yang harus turun tangan namun\r\npendidikan, terutama pendidikan Islam disini bisa memberi kontribusi berupa rekomendasi\r\npembelajaran tahfidz. Dengan tahfidz, tantrum anak berkurang dan anak cenderung bisa\r\ndiarahkan. Ini membantu guru dan orang tua untuk memberi stimulus atau pelajaran\r\nberikutnya ketika kondisi anak semakin tenang maka ia mudah diarahkan. Dari latar\r\nbelakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna\r\nmengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana Implementasi pembelajaran tahfidz\r\ndengan pendekatan humanistik pada anak berkebutuhan khusus di SD IT Hidayatullah\r\nYogyakarta.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.\r\nTeknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis guanakan adalah teknik sampling\r\nbertujuan (purposive sampling), Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi,\r\nwawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik\r\ntriangulasi sumber data. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\npembelajaran tahfidz, pendekatan humanistik dan anak berkebutuhan khusus.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa: guru bagi anak berkebutuhan khusus harus\r\nmembuat perencanaan yang matang dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal itu\r\ndikaitkan dengan kebutuhan yang ada dalam diri anak serta serta kepribadiannya.\r\nPendekatan humanistik dari guru tampak dalam sikap guru menghadapi siswa dengan\r\nmelihat karakter tiap siswa. Adapun keberhasilan dari Implementasi pembelajaran tahfidz\r\ndengan pendekatan humanistik yaitu: Perbaikan akhlak dan perilaku siswa, siswa mempu\r\nmencapai target hafalan dengan baik sesuai kemampuannya, sosialisasi antar teman/lintas\r\nkelas yang semakin baik, kepercayaan diri siswa yang tinggi serta terjauh dari rasa minder,\r\nKerinduan bersekolah, dan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajaran. Selain itu,\r\nditemukan beberapa pendukung seperti visi-misi kepala sekolah yang selaras dengan visi\r\nmisi sekolah, adanya tim khusus yaitu Tim Al Qur’an yang fokus menangani tahfidz, guru\r\nkelas Amanah yang humanis dan kompeten, dukungan sekolah dalam peningkatan kualitas\r\nguru, mengawali setiap jam pelajaran dengan murojaah. Penghambatnya yaitu Sekolah\r\nbelum memiliki konsep pendidikan humanistik dalam bentuk tertulis, fasilitas sekolah yang\r\nbelum seluruhnya memadai serta pembelajaran yang masih tradisonal dalam artian belum\r\nmenggunakan IT atau media elektronik terutama dalam pembelajaran tahfidz.\r\nKata kunci: Tahfidz, Humanistik, Anak Berkebutuhan Khusus"^^ . "2015-02-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM 1320410005"^^ . "SRI PURWANINGSIH ROMADHON"^^ . "NIM 1320410005 SRI PURWANINGSIH ROMADHON"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16015 \n\nIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .