relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16031/ title: PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA creator: SUPRIHATIN, S.PD.I, NIM 1320410066 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keberagaman masyarakat Indonesia. Dengan demikian maka sangatlah diperlukannya pendidikan mengenai pendidikan multikultural. Sementara itu adanya suatu kritikan dari pengamat pendidikan Islam di Indonesia bahwa pendidikan Islam baik sebagai lembaga maupun sebagai materi telah mempraktikkan proses pendidikan yang eksklusif, dogmatik, dan kurang menyentuh aspek moralitas. Citra pendidikan Islam yang kurang menyentuh aspek moralitas ini kerapkali kali dikaitkan dengan pondok pesantren. Pondok pesantren Ali Maksum Krapyak dalam hal ini merupakan pondok pesantren terfavorit di Yogyakarta, malalui paradigma ajaran nilai-nilai pendidikan multikultural dalam merespon tuduhan maupun kritikan-kritikan yang dapat merisaukan dan menjadikan kegelisahan yang sangat menyedihkan bagi lembaga-lembaga pendidikan Islam. Dari latar belakang tersebut memberi dorongan kepada peneliti untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, bagaimana keberhasilannya, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriftif kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Kemudian analisis data dilakukan diawal penelitian sampai kepada akhir kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, penanaman nilai-niali pendidikan multikultural di pondok pesantren Ali Maksum Krapyak melalui beberapa nilai yaitu: a) nilai demokrasi (al musyawarah), b) nilai kesetaraan (al musawah), c) nilai keadilan (al ‘adl), d) nilai kemanusiaan/Humanisme (hablun min al nas), e) nilai kebersamaan (al ta’awun), f) nilai kedamaian (al salam), g) nilai toleransi (al ta’addudiyat/al tasamuh). Kedua, keberhasilan pendidikan multikultural disana dapat dilihat dari adanya apresiasi keragaman santri, adanya keragaman kegiatan santri, diselenggarakannya kegiatan akhirus sanah, keterbukaan pelaksanaan pendidikan pesantren, hingga prestasi-prestasi yang diraih. Ketiga, faktor yang mendukung penanaman pendidikan multikultural dalam membentuk akhlak santri di pesantren adalah: a) visi dan misi kyai pesantren, b) kurikulum yang terpadu, c) buku dan kitab ajar bermuatan multikultural, d) SDM pendidik pesantren yang professional, e) sistem pendidikan full day /24 jam, f) adanya lingkungan yang memadai. viii Adapun faktor penghambatnya: a) penanaman isu–isu tentang multikultural belum banyak diangkat, b) sarana dan prasarana belum maksimal, c) pengawasan terhadap para santri belum dilakukan secara maksimal, d) diperlukan cara strategis dalam menasehati santri pada zaman modern Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan multikultural, akhlak, pondok pesantren. date: 2015-02-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16031/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16031/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: SUPRIHATIN, S.PD.I, NIM 1320410066 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.