%0 Thesis %9 Masters %A TGK. ALI SADIKIN, S. Pd. I., NIM 1320431011 %B PASCASARJANA %D 2015 %F digilib:16033 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan, Anak Usia dini. %P 200 %T PENANAMAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN TERHADAP ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16033/ %X Bangsa Indonesia tengah menghadapi krisis besar, salah satunya krisis akan nilai-nilai kebangsaan. Di kalangan pelajar misalnya, akhir-akhir ini marak terjadi tawuran, keterlibatan dalam penggunaan obat-obatan terlarang ( narkoba ), pergaulan bebas, rendahnya sikap menghormati guru dan orang tua, rendanya tanggung jawab individu dan warga Negara, dan sederet persoalan lainnya. Oleh karenanya, penyimpangan-penyimpangan tersebut perlu dibenahi dan diperbaiki. Salah satunya media yang cukup efektif dalam memperbaki moral dan perilaku anak adalah melalui sentra pendidikan. TK ABA Sapen Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang berupaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada siswa agar siswa mampu menjadi anak yang berperilaku baik terhindar dari perilaku negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan kepada siswa dan strategi yang digunakan dalam hal penanaman nilainilai kebangsaan tersebut. Dengan ini diharapkan manfaat yang bisa diambil dari rujukan, baik guru, kepala sekolah. Orang tua maupun pemerintah dalam hal penanaman nilai-nilai kebangsaan pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitataif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keseimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan kepada siswa yaitu meliputi : nilai religius, toleransi, jujur, semangat kebangsaan, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, demokratis, peduli sosial dan peduli lingkungan. Strategi yang digunakan dalam penanamannya yaitu dengan sistem among ( among sistem), yakni melaksanakan konsep Trilogi Kepemimpinan yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu : “ Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani”. Dalam penanaman nilai-nilai kebangsaannya yaitu kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, dan pengembangan diri. Kata kunci : Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan, Anak Usia dini. %Z Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.